Posted by : rida Rabu, 21 Januari 2015

Perlengkapan bayi yang diperlukan bukan hanya alat makan, pakaian, dan tempat untuk istirahat saja, tapi juga mainan. Sebuah mainan memiliki manfaat membantu perkembangan bagi buah hati kita. Dengan kata lain, mainan adalah sarana belajar yang akan berlaku hingga ia menjadi anak-anak. Nah, dalam memilihkan mainan bayi tentu tidak bisa sembarangan, tapi harus dengan syarat berikut ini.
Tidak Melukai Bayi




    Syarat pertama yang harus dipenuhi ketika membeli sebuah mainan adalah tidak melukai buah hati kita. Mungkin bentuknya bagus dan menarik, tapi kalau ada bagian yang tajam atau terlalu berat mungkin akan membuat buah hati kita terluka. Bayi belum mengerti cara melindungi diri, mungkin dengan gerakan sembarangan akan menyebabkan mainan memukulnya. Nah, usahakan mainannya ringan.

Sesuai Dengan Perkembangannya
    Jenis peralatan bayi dalam mainan ini harus sesuai dengan perkembangan buah hati. Misalnya di awal kehidupannya, bayi belum dapat melihat dan belum membutuhkan mainan apapun. Ketika ia sudah dapat mendengar, belikan mainan yang bersuara. Kemudian, berikan mainan untuk dipegang dengan erat untuk meningkatkan reflek menggenggamnya. Dengan begitu, mainan yang Anda belikan punya manfaat.
   
Mainan yang baik bukanlah yang harganya mahal, tapi justru merangsang tumbuh kembang buah hati. Kadang mainan mahal yang serba praktis justru mematikan kreativitas buah hati kita. Jadi, cerdaslah dalam memilihkan mainan yang bermanfaat.
Ukurannya Kecil
   
Ukuran mainan bayi sebaiknya jangan terlalu besar agar dapat dipegang dan dimainkan dengan nyaman. Kalau barang yang Anda belikan sangat besar, mungkin si kecil justru enggan memakainya untuk bermain. Perlengkapan bayi bermain yang terlalu kecil juga kurang bagus. Coba carikan ukuran yang pas dengan besar buah hati kita.
Menarik
   
Syarat terakhir untuk peralatan bayi bermain  buah hati kita adalah menarik. Agar bayi mau mengambilnya untuk bermain, mainan harus menarik hatinya. Sebaiknya pilihkan warna yang cerah, bentuk menarik, dan ada gambar lucunya. Pada usia tertentu, bayi juga tertarik pada bunyi-bunyian. Jadi, sediakan alat bermain yang menimbulkan suara lucu. Dengan demikian bayi kita jadi semakin cerdas dan tangkas.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -