Posted by : Windi Ariska Rabu, 17 Mei 2017

Perkembangan janin dari minggu ke minggu

Setiap wanita pastilah menginginkan masa menjadi seorang Ibu, karena kebanyakan wanita akan merasa telah sempurna jika telah melahirkan seorang anak ke dunia. Sehingga berbagai persiapan pun dilakukan, bahkan sebelum menikah seperti mengkonsumsi makanan sehat menjelang pernikahan serta memeriksakan kondisi rahim yang akan menjadi tempat janin sementara belum dilahirkan. Setelah kehamilan itu tiba, anda pun tak lepas dari memperhatikan diri untuk menjaga dan merawat janin yang sedang mengalami perkembangan janin dari minggu ke minggu dengan berbagai cara. Mulai dari memberikannya nutrisi sehat, vitamin serta asupan makanan penting lainnya untuk menjaga pertumbuhan janin di dalam rahim. Selain itu, rajin memeriksakan diri juga merupakan salah satu bentuk penjagaan yang dapat dilakukan untuk mengetahui perkembangan janin.
Dari usia kehamilan minggu pertama penjagaan haruslah dilakukan, terutama pada minggu – minggu terakhir perawatan serta penjagaan tersebut harus dilakukan lebih ekstra hati – hati. Lebih dari itu, pada tahapan usia kehamilan di minggu – minggu terakhir, anda sebaiknya mengetahui tanda – tanda yang biasanya dialami untuk mengantisipasi berbagai resiko yang tidak diharapkan pada masa persalinan. Oleh karena itu sebagai pemahaman untuk anda, berikut kami uraikan tanda – tanda minggu terakhir kehamilan yang harus anda kenali dengan cepat.
1. ASI tampak rembes, di mana kondisi tersebut mungkin akan membuat anda terkejut karena bayi belum lahir tetapi sudah terdapat cairan yang keluar. Anda tidak perlu khawatir karena cairan tersebut adalah ASI, dan rembesan ini juga dipengaruhi oleh hormon oksitosin yang juga bertugas merangsang terjadinya kontraksi pada rahim anda menjelang persalinan.
2. Janin tampak turun di usia kehamilan lebih dari 36 minggu, di mana posisi kepala sudah mulai masuk panggul. Pada masa ini, anda akan merasa sedikit lega karena rongga paru – paru dan perut punya banyak ruang, sehingga anda pun tidak mudah sesak nafas.
3. Braxton hiks atau kontraksi palsu yang sering terasa di kehamilan minggu terakhir, yang tak jarang membuat panik hingga langsung memeriksakan diri untuk mengetahui lebih lanjutnya.
4. Sering buang ari kecil juga termasuk tanda kehamilan di minggu terakhir, bahkan dalam semalam anda akan mengalami buang air kecil hingga 5 kali. Kondisi tersebut masih normal, namun apabila cairan yang keluar tampak tidak seperti air seni dan dalam jumlah banyak, anda perlu hati – hati dan segera konsultasi pada dokter.  
Itulah tanda kehamilan di usia kehamilan minggu terakhir yang patut anda kenali, agar dapat mengantisipasi resiko yang mungkin terjadi. Perkembangan janin dari minggu ke minggu akan terasa sangat menyenangkan untuk diketahui, terutama pada puncak minggu terakhir.

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -