News
Loading...

Kenali Aspek 4C Diamond yang Mempengaruhi Harga Cincin Berlian

Cincin berlian merupakan salah satu perhiasan yang melambangkan kemewahan dan keanggunan. Oleh karena itu, banyak wanita ingin memiliki perhiasan satu ini. Namun sebelum mencari informasi mengenai harga cincin berlian, Anda harus mengetahui aspek 4C yang mempengaruhi harganya.

Aspek 4C sendiri biasanya tercantum pada sertifikat berlian dari GIA (Gemological Institute of America). Keempat aspek tersebut mewakili color atau warna, clarity atau kejernihan, cut atau potongan, dan carat atau berat carat. Anda bisa mengetahui kualitas cincin berlian yang dibeli berdasarkan aspek 4C ini.

Aspek 4C Diamond yang Mempengaruhi Harga Cincin Berlian

Berikut ini adalah pembahasan lebih detail mengenai apa itu aspek 4C pada cincin berlian:

1. Color atau Warna

Aspek 4C yang pertama yaitu color atau warna berlian. Pada dasarnya, berlian putih memiliki warna yang bening atau tidak berwarna. Jadi, semakin tidak berwarna berlian putih, maka harganya pun akan semakin mahal. Urutan kualitas warna pada berlian putih yaitu colorless (D-F), near colorless (G-J), faint (K-M), very light (N-R), dan light (S-Z).

2. Clarity atau Kejernihan

Setelah color atau warna, ada kualitas yang dinamakan kejernihan atau clarity. Pengertian clarity sendiri yaitu tingkat kejernihan berlian yang memperlihatkan ada atau tidaknya tanda cacat pada berlian. Semakin jernih berlian, harganya pun akan semakin mahal. Tingkatan clarity pada berlian yaitu flawless (FL), internally flawless (IF), very very slightly included (VVS), very slightly included (VS), slightly included (SI), dan imperfect.

3. Cut atau Potongan

Cut atau potongan merupakan hal terpenting pada sebuah cincin berlian. Meskipun harganya lebih tinggi, namun Anda harus memilih potongan berlian dengan tingkatan terbaik. Pasalnya, keindahan dan kilauan berlian tergantung dari potongan berlian ini. Ada lima tingkatan cut atau potongan pada berlian yaitu excellent, very good, good, fair, poor. Tingkatan terbaik tentu saja adalah excellent cut.

4. Carat atau Berat Carat

Berat carat juga termasuk bagian penting dari kualitas cincin berlian. Semakin berat sebuah berlian, harganya akan semakin mahal. Namun perlu Anda ketahui bahwa berat berbeda dengan besar. Jadi, berlian yang ukurannya sama belum tentu beratnya sama. Nilai dari 1 carat yaitu 0,2 gram atau 200 miligram.

Inilah Cincin Berlian Koleksi The Palace Jeweler

Setelah mengetahui aspek 4C yang mempengaruhi harga cincin berlian, berikut ini adalah rekomendasi cincin berkualitas yang bisa Anda pilih:

1. Cincin Modela Dwicahya

Koleksi Modela adalah koleksi kekinian yang bisa menunjang penampilan yang stylish dan modis. Salah satu cincin berlian yang bisa Anda pilih adalah cincin Modela Dwicahya. Cincin satu ini berdesain open ring yaitu cincinnya memiliki bukaan. Di setiap ujung bukaan cincin ada berlian berbentuk round cut yang indah. Materialnya adalah white gold 18K tanpa sentuhan warna lainnya.

2. Cincin Bermoela Kylau

Cincin Bermoela memiliki konsep solitaire dengan berlian tunggal sebagai center stone. Salah satu koleksinya yaitu cincin Bermoela Kylau menggunakan berlian berbentuk round cut. Cincin ini begitu minimalis karena rangkanya dibuat polos tanpa detail apapun. Cocok untuk dipakai setiap hari.

3. Cincin Trimoela Kruna

Rekomendasi terakhir adalah cincin Trimoela Kruna yang menggunakan tiga berlian sekaligus. Tiga berlian tersebut bisa melambangkan masa lalu, masa kini, dan masa depan. Lebih uniknya lagi, cincin Trimoela Kruna ini didesain seperti bentuk mahkota. Sangat indah dan anggun untuk penampilan yang feminin. 

Itulah aspek 4C diamond yang mempengaruhi harga cincin berlian. Anda sudah memahami apa itu aspek 4C, kan? Pastikan melakukan pembelian cincin di tempat yang tepat seperti The Palace Jeweler!


Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment