News
Loading...

Makanan Tradisional Manisan Kulit Jeruk Manis

“Kalua jeruk Bali atau manisan kulit jeruk Bali merupakan makanan tradisional yang manis, lezat, serta cara membuat dan bahannya pun mudah. Anda bisa membuat kalua jeruk dengan bentuk-bentuk yang lucu agar anak-anak suka”.


Jeruk yang ukurannya besar, bulir jeruknya pun besar-besar ternyata tidak hanya enak untuk dimakan secara langsung, kita bisa membuatnya rujak, aneka kue, sampai kalua jeruk Bali atau manisan jeruk Bali. Di masyarakat pedesaan, biasanya kalau ada jeruk Bali suka dibuat aneka manisan dengan rasa yang legit, manis dan juga warna-warni. Yang dibuat kalua ini adalah bukan bagian bulirnya, tapi bagian kulit jeruk yang tebal tersebut. Makanan Tradisional kali ini kita akan membuat kalua jeruk Bali yang manis dan legit. Bahan yang digunakannya pun sangat sederhana dan siapa saja bisa membuatnya. Anda hanya harus mmepersiapkan jeruk Bali 2 buah, gula pasir Gulaku 1 kg dengan air 1 liter, kapur sirih sebanyak 2 sendok makan ditambah air 1 liter, pewarna makanan secukupnya sesuai keinginan.

Cara membuatnya, jeruk Bali tadi dikupas, kemudian dipotong berbentuk sesuai selera, setelah itu dicuci sampai bersih, kulit jeruk yang sudah dipotong tadi kemudian rendam dengan mengunakan air kapur sirih selama satu malam. Esoknya,cuci bersih warnanya akan berubah menjadi kekuningan. Rebus sampai empuk dan bertekstur empuk, kemudian angkat dan tiriskan. Selanjutnya air beserta gula pasir Gulaku direbus sampai mendidih, masukan pewarna makanan sedikit, kemudian masak sampai mengental. Setelah itu, masukan potongan kulit jeruk Bali sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, gunakan api kecil supaya tidak cepat gosong. Jka sudah kering dan matang, letakan kalua jeruk diatas loyang ataupun tampah yang sudah dilapisi plastik, diamkan sampai kering dan dingin, masukan kalua jeruk yang sudah kering tersebut kedalam plastik atau toples kedap udara dan siap untuk dimakan.

Bagaimana, mudah bukan? Membuat kalua jeruk sebagai Makanan Tradisional seperti membuat manisan pada umumnya, Anda bisa memberikan warna-warna yang beragam untuk menambah selera dan menarik perhatian. Kalua jeruk Bali ini rasanya manis karena menggunakan Gulaku sebagai pemanis alami yang memaniskan makanan ataupun minuman akan terasa lebih lezat dan manisnya terasa disetiap masakan.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment