Posted by : Galih Pamungkas Rabu, 25 Februari 2015

Pernahkah anda berpikir untuk membuat biopori di halaman rumah anda yang cukup luas? Ada banyak manfaatnya, lho. Saat anda menanami lahan anda dan berkebun dijamin apa yang anda tanam akan tumbuh lebih subur. Selain itu dengan membuat lubang resapan, anda akan membantu pemerintah dalam penanganan masalah banjir yang sering melanda negara Indonesia.
Cara membuat lubang resapan biori sangatlah mudah. Anda tidak akan bekerja sendiri, namun hewan yang hidup dan tinggal dalam tanah yang akan memperlancar pekerjaan anda. Mereka akan membuat lubang-lubang di sekitar tempat resapan yang telah ada buat untuk memberi jalan pada air untuk mengalir. Beberapa alat yang diperlukan untuk membuat biopori adalah sebagai berikut:
• Alat pengebor khusus untuk biopori,
• Sekop atau cangkul,
• Kumpulan sampah-sampah organic,
• Air,
• Pisau.

Jika peralatan telah lengkap, basahi dan siram air dengan tanah agar lebih mudah ketika melakukan pengeboran. Kemudian buatlah sebuah lubang ukuran maksimal sepuluh sentimeter. Lakukan pengeboran dengan bor kemudian masukkan sampah organic yang sudah anda siapkan tadi. Biarkan sampah membusuk dan nantinya dapat anda gunakan sebagai pupuk kompos. Saatnya kita untuk lebih peduli dan menyadari pentingnya biopori untuk lingkungan. Banyaknya permasalahan yang terjadi pada lingkungan akhir-akhir ini bukan menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun tanggung jawab kita semua. Jika biopori menjadi salah satu solusi terbaik, maka kita wajib untuk segera bertindak dan melaksanakannya dimulai dari rumah tangga kita sendiri, bukan hanya sibuk mengkritik pemerintah atas bencana banjir yang sering melanda.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -