Posted by : Windi Ariska Rabu, 27 April 2016

Instalasi listrik pabrik dapat diatur dan dikontrol dengan baik dengan adanya pemasangan panel listrik di setiap pabrik dengan tarap industry mulai dari yang rendah, menengah sampai tingkat tinggi. Mengapa demikian karena panel listrik dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja dan mengatasi permasalahan listrik pabrik seperti berbagai macam gangguan dari PLN.
Panel listrik terbentuk berdasarkan susunan komponen listrik yang sengaja disusun dalam sebuah papan control, sehingga memudahkan dalam pengaturan penggunaan listrik di berbagai gedung dan pabrik. Jika pabrik yang anda miliki tidak didukung oleh komponen yang dapat mengurangi beban atau daya listrik seperti panel, maka anda akan mendapatkan beberapa kerugian yang dua diantaranya adalah kecelakaan kerja dan pembengkakan pembayaran listrik.

Dalam pemasangan penunjang instalasi listrik pabrik yaitu panel listrik ada beberapa komponen yang sangat penting untuk digunakan, karena masing-masing komponen memiliki fungsi yang berbeda menyangkut peranannya dalam instalasi listrik tersebut.

Diantaranya komponen MCB ( Miniature Circuit Board), yang merupakan komponen panel listrik memiliki peranan sebagai pembatas arus akibat dari kenaikan daya atau tegangan yang melebihi batas,

komponen kedua yaitu MCCB ( Moulded Case Circuit Breaker ) yaitu pembatas arus apabila terdapat beban arus yang melebihi batas-batas MCCB dengan batas arus beban yang lebih besar dari 100 Ampere sampai 1600 Ampere.

Komponen ketiga adalah GFCI ( Ground Foult Circuit Interruption, semacam circuit breaker yang bereaksi lebih cepat dari MCB dan berfungsi sebagai pemantau listrik lebih rinci. Selanjutnya adalah grounding yang memiliki fungsi sebagai pengaman listrik akibat dari kabel yang terkelupas.

Pada pemasangan instalasi listrik beberapa jenis dan warna kabel pun sangat penting peranannya, di mana warna kabel instalasi listrik sudah ditetapkan di berbagai Negara termasuk Indonesia. Warna kabel listrik juga ditentukan sesuai dengan standar SNI atau standar IEC, yang mana warna kabel tersebut adalah warna merah, kuning dan hitam yang berfungsi untuk fase.

Warna biru muda berfungsi untuk netral. Warna kuning hijau berfungsi untuk ground. Jadi mengingat semua hal ini sangat penting dalam instalasi listrik di industry anda, sebaiknya anda memilih Egatek sebagai produsen dan pemasang panel listrik yang dapat mengontrol penggunaan listrik di berbagai tempat industry.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -