Posted by : rida Rabu, 19 Agustus 2015

Ayah merupakan pemimpin keluarga yang menjadi tulang punggung kesejahteraan keluarga, ayah selalu sibuk dengan perkerjaannya sehingga menjadikannya lebih merasa jauh dengan anaknya. Oleh karena itu setiap hari libur sebagai ayah seharusnya menyempatkan untuk bermain dengan anaknya walau hanya sebentar. Permainan ayah dan anak yang bisa dilakukan dan sekaligus mendidik sebenarnya banyak sekali dari mulai permainan biasa tradisional, sampai permainan modern bisa anda tiru. Di internet banyak sekali jenis permainan yang mendidik dan bisa anda pilih dan jadikan sebuah sarana untuk mendekatkan diri dengan anak sekaligus mendidiknya.



Dalam memilih permainan dan alat bermain anak haruslah selektif, karena banyak sekali bahan serta jenis permainan yang berdampak berbahaya bagi anak.  Nah jika anda akan memilih permainan bagi anak anda, maka anda harus memperhatikan permainan yang :

1.               Menyehatkan
Bahan dan alat permainan yang menyehatkan bisa anda cari sendiri yaitu lihat bahan yang digunakan jangan sampai dapat membahayakan anak seperti besi, benda tajam, serta alat lainnya yang berbahaya. Begitu juga dengan permainannya, permainan yang sehat adalah permainan yang banyak mengandalkan pergerakan badan seperti berlari, melompat, naik turun dan lain sebagainya. Contoh dari permainan ini yaitu petak umpet dan galah.

2.               Mengandung edukasi
Permainan yang diajarkan pada anak seharusnya yang mengandung unsur pembelajaran di dalamnya seperti berhitung, berkomunikasi, keterampilan, kecepatan, serta melatih kesabaran. Dengan memainkan perminan yang mengandung unsur edukasi seperti ini diharapkan anak dapat dengan mudah berkembang dan membentuk karakter baiknya. Banyak sekali permainan yang menjadi contoh dari pemainan edukasi ini seperti permainan tradisional, hiking, serta permainan lainnya yang sangat banyak untuk dilakukan.

3.               Aman bagi anak
Dari mulai jenis permainan, tempat yang digunakan sampai kepada alat yang digunakan pun harus merupakan bahan yang tidak berbahaya. Jauhkan tempat bermain anak dari jalan raya dan juga sungai yang tentunya dapat mengancam keselamatan jiwa anak-anak yang bermain disana.


Itulah hal yang harus diperhatikan dalam melakukan permainan ayah dan anak yang dapat anda jadikan referensi untuk usaha anda lebih dekat lagi dengan anak anda. temani dan bimbing selalu mereka pada hal apapun dalam masa belajarnya kini.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -