Posted by : rida Kamis, 03 September 2015

Cara Membersihkan Tempat Cuci Piring Stainless Steel - Saat ini stainless steel atau baja anti karat sudah banyak terdapat di dapur kita, kehadiran perangkat dapur dan tempat cuci piring dari bahan stainless steel dapat membuat dapur kita semakin mewah. Namun peralatan dapur dan tempat cuci piring stainless steel ini perlu perawatan agar tidak timbul bercak dan kehilangan kilaunya. Kandungan kromium dalam stainless steel akan bereaksi terhadap oksigen di udara dan membentuk lapisan pelindung yang mencegah karat dan mengurangi resiko bercak-bercak menjadi permanen. Ketika permukaan stainless tertutup minyak dan kotoran sisa makanan maka reaksi tersebut tidak dapat berlangsung sehingga permukaannya menjadi lebih mudah berkarat. Maka untuk mencegahnya, anda perlu membersihkan bak cuci  piring dan peralatan dapur lain berbahan stainless secara rutin.

Cara Membersihkan Tempat Cuci Piring Stainless Steel

Untuk membersihkan tempat cuci piring stainless steel, anda tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia keras, bahkan sebaiknya anda menghindari penggunaan cairan mengandung bahan yang bersifat abrasif dan dapat menyebabkan kerusakan pada bak cuci piring anda. saat ini terdapat cairan pembersih sunlight yang dapat digunakan untuk membersihkan bak cuci piring anda. dalam membersihkannya, anda harus mengikuti arah serat pada stainless steel saat mengelap dan mengosoknya dan utamakan bagian kecil yang tersembunyi. Gunakan sarung tangan karet agar kulit anda terlindung.

Jika terdapat noda membandel dan bercak pada stainless anda, gunakan semprotan pembersih kaca yang berfungsi ganda sebagai cairan pembersih untuk menghilangkan bercak air dan bekas sidik jari. Semprotkan pembersih kaca pada permukaan bak cuci piring stainless steel anda lalu usap dengan kain mikrofiber lalu bilas dan seka menggunakan lap kering. Untuk menghilangkan noda dan sisa-sisa makanan yang telah mengering dan menempel pada permukaan stainless steel maka anda bisa menggunakan cairan pembersih stainless steel menggunakan spons lembut yang biasa digunakan untuk mencuci piring atau sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau langsung dengan tangan. Noda membandel pada bak cuci piring dapat anda atasi dengan bubuk soda kue. Caranya, campurkan satu sendok makan bubuk soda kue dengan sedikit air untuk dijadikan pasta kental lalu oleskan pada bagian yang terdapat noda dan diamkan selama 30 menit kemudian gosok menggunakan kain lembab lalu bilas dan keringkan.

Peralatan dapur dari bahan stainless steel semakin hari semakin banyak terdapat di rumah kita. Tempat cuci piring stainless steel memang selalu terlihat mewah dan memukau, namun untuk merawatnya dibutuhkan trik dan cara khusus agar bak cuci piring anda tetap berkilau dan bebas noda serta bercak yang membuatnya kusam. Stainless steel merupakan besi baja anti karat yang mengandung kromium. Pada perlengkapan dapur dan bak cuci piring dari bahan baja anti karat ini kadar kromiumnya 10% dan kemampuan tahan karat ini didapatkan dari terbentuknya lapisan film oksida kromium, karena lapisan oksida ini dapat menghalangi proses oksidasi besi. Meskipun perangkat ini tahan karat, namun tidak tahan terhadap noda seperti kerak air. Perlengkapan stainless ini harus sering dibersihkan agar tidak kusam dan menimbulkan bintik-bintik hitam yang kemudian akan menimbulkan karat pada peralatan dapur anda. berikut beberapa tips membersihkan dan merawat peralatan stainless steel di rumah anda.
Pertama, langkah perawatan dan pembersihan pada peralatan dapur yang dapat anda lakukan adalah selalu mencuci dengan segera peralatan setelah digunakan menggunakan deterjen lembut dengan spons lalu bilas dan keringkan. Untuk membuatnya mengkilap anda bisa menggunakan cuka putih atau zitrun yang dicampurkan dengan sedikit air lalu gosok secara perlahan dengan spons lalu bilas dan keringkan dengan lap. Jika terdapat noda membandel dan sulit untuk dibersihkan, maka ambil pasta gigi lalu oleskan pasta gigi pada peralatan dapur anda, gosok perlahan menggunakan spons, bersihkan lalu lap untuk membuatnya kering.
Kedua, merawat dan membersihkan peralatan kamar mandi. Selain cara membersihkan tempat cuci piring stainless steel, kita pun akan membahas perawatan pada peralatan kamar mandi berbahan stainless. Untuk membersihkan noda ringan anda cukup membersihkannya menggunakan soft deterjen atau bisa menggunakan cairan pembersih kaca. Bersihkan kran air, shower set, gagang pintu kamar mandi, hanger yang terbuat dari stainless dengan deterjen lembut menggunakan spons untuk cuci piring, lalu bilas dan keringkan. Jika terdapat kerak air maka anda bisa membersihkannya menggunakan pasta gigi lalu bilas dan keringkan dengan lap pengering.

{ 5 komentar... read them below or Comment }

  1. Anda mencari Peralatan stainless dapur ?

    kunjungi web kami untuk menemukannya
    Banyak model dan tipe sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  2. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan sehat memang sangat penting, akan tetapi peralatan memasak yang sehat juga sama pentingnya.
    regards,

    oxone

    BalasHapus
  3. saya terlanjur menggunakan bahan kimia keras untuk membersihan wastafel, akhirnya wastafel jadi hitam dan hitamnya itu seperti menyatu dengan bahan aluminiumnya,

    Ada yg tau solusinya gimana nih supaya bisa di bersihkan?

    BalasHapus

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -