Posted by : Windi Ariska Jumat, 05 Agustus 2016

Manusia meurupakan salah satu makhluk sempurna yang diciptakan oleh Allah SWt, dengan berbagai kelebihannya masing-masing. Sebelum menjadi manusia utuh, yang dapat hidup sebagaimana mestinya. Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk mencapai hal tersebut, mulai dari dalam rahim sebelum menjadi bayi, hingga sampai terlahir ke dunia bahkan terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan hingga sampai pada saat usia menua, barulah kemudian mengalami kemunduran. 
Tips Membantu Perkembangan Anak Dalam  Kecerdasan Linguistik
Terdapat tiga aspek yang terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, diantaranya fisik, kognitif, dan psikososial. Yang mana ketiganya sulit untuk dipisahkan, karena antara satu dengan yang lainnya saling mempengaruhi. Contoh kecilnya seperti yang terjadi pada perkembangan kognitif anak, yang berhubungan dengan tingkat kecerdasan, di mana perkembangan kognitif anak sangat dipengaruhi oleh kematangan fsiologis. 

Berbicara mengenai aspek kognitif atau kecerdasan, bahwasannya aspek yang satu ini mencakup beberapa macam kecerdasan yakni sebanyak 9 kecerdasan yang dimiliki oleh anak sejak ia lahir. Salah satu diantaranya ialah kecerdasan linguistik, yakni kemampuan anak dalam menyusun pikirannya untuk mengungkapkan kata dengan jelas, baik melalui berbicara, membaca maupun menulis. 

Kecerdasan linguistik tentu memberikan peranan yang cukup penting terhadap kehidupan anak, karena dengannya anak dapat bersosialisasi dengan baik, juga menunjang anak dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Adapun kecerdasan itu sendiri akan sangat tergantung dari potensi yang ada dalam diri anak, serta stimulus yang diberikan oleh lingkungan.

Nah, untuk membantu perkembangan anak pada aspek kecerdasan linguistiknya, berikut ini kami hadirkan beberapa tips mudah yang dapat anda lakukan.

1.  Ajaklah si kecil untuk berkomunikasi dengan lingkungan, terutama para anggota keluarga yang merupakan lingkungan utama dan pertama bagi anak. Karena dengan kegiatan komunikasi, maka kosa kata anak akan semakin meningkat. 

2.  Cobalah untuk menyajikan dongeng atau cerita menarik yang mengandung nilai edukasi untuk anak. Sehingga selain meningkatkan pembendaharaan katanya, pun dapat mempengaruhi cara berpikir anak. 

3.  Yang tak kalah pentingnya pula, berikan tambahan asupan makanan yang bergizi dan kaya akan vitamin, seperti susu formula Dancow yang sesuai dengan usianya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -