Posted by : Windi Ariska Rabu, 07 September 2016


Ada banyak jenis metode yang dapat digunakan untuk memudahkan seseorang menghafal. Salah satu contohnya adalah sebuah teknik pengulangan bacaan hafalan yang ingin dihafal. Teknik ini merupakan salah satu metode yang menarik dan mudah untuk diterapkan oleh semua orang asal setiap orang memfokuskan diri mereka pada cara mudah menghafal untuk apa yang mereka baca dan mengabaikan hal lain. Kemampuan konsentrasi seseorang untuk belajar akan berkisar antara 15 sampai 30. Normalnya seorang remaja atau siswa akan dapat menggunakan 15 menit ini secara maksimal. Pada sat membaca hal yang harus diperhatikan adalah fokus dan kemampuan untuk mengabaikan segala hal lain di luar bacaan.

Metode ini akan gagal dengan mudah ketika seseorang belajar dalam keadaan lapar, kenyang ataupun mengantuk. Belajar pada saat kondisi tubuh tidak terlalu sehat justru akan menghasilkan ketepatan yang jauh lebih tinggi ketimbang belajar pada saat energi seorang siswa sedang tinggi. Batasan dari penggunaan kemampuan ini cukup banyak namun seseorang hanya perlu melakukan teknik ini secara berulang untuk mata pelajaran tertentu sehingga pada akhirnya mereka menemukan hasil. Sayangnya siswa memiliki beberapa hal yang harus dipelajari sehingga menggunakan metode yang sama secara berulang mungkin akan membosankan. Jadi gunakan kesempatan yang dimiliki untuk meluangkan 15 menit untuk mempelajari hal tertentu.

Cara ini bertujuan untuk membuat pelajaran yang berbeda dicerna pada waktu yang berbeda sehingga tidak terjadi kekacauan ingatan untuk hal yang dipelajari. Metode ini adalah langkah yang paling tepat untuk tipe pelajaran hafalan. Namun jika metode ini tidak cukup seseorang bisa menggunakan metode hafalan lain seperti membuat catatan kecil untuk rangkuman pengetahuan yang akan dipelajari bisa dijadikan sebuah variasi. Pelajaran yang bisa diaplikasikan akan lebih mudah dipahami ketika seseorang mengaplikasikannya untuk cara mudah menghafal dalam bentuk angka dan rumus. Media pengaplikasian pengetahuan ini bisa sangat beragam dan tidak jarang seorang pelajar memiliki kemampuan yang baik untuk menghasilkan metode penerapan pengetahuan yang mereka miliki dalam bentuk yang sangat menarik.

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -