Posted by : Windi Ariska Sabtu, 17 September 2016

Dalam mengurus anak tentu anak susah makan merupakan permasalahan yang sering dikeluhkan orang tua, terutama para ibu. Berbagai cara yang ibu lakukan untuk memberikan anak makan supaya ia dapat tumbuh kembang dengan sehat serta manfaat dari kandungan gizi makannya. Sebagai contoh anak di usia 6 bulan, biasanya sudah diberikan dan dimulai pemberian makanan sehat padat sebagai pendamping ASI. Di saat itulah anda mesti lebih cermat memperhatikan pola makannya. Mulai dari memberinya bubur susu, sari buah, lalu bertahap ke tekstur makanan yang lebih padat seperti nasi tim, dan seterusnya.

Permasalahan yang datang dalam hal ini adalah proses makan anak tak selalu berjalan mulus, karena ada beberapa penyebab yang membuat anak susah makan yang biasanya, ini terjadi ketika usianya memasuki 1 tahun. Masalah tersebut biasanya berupa menolak makanan, tidak suka sayur, hanya mau makan yang itu-itu saja. Jika hal tersebut terjadi pada anak anda mungkin kondisi tersebut tentu membuat ibu khawatir akan kecukupan gizi si kecil, mengingat mereka masih dalam masa tumbuh kembang, jadi perlu asupan gizi yang matang dan seimbang. Faktor penyebab anak susah makan biasanya kerana faktor fisik dan faktor psikis. Faktor fisik meliputi terdapatnya gangguan di organ pencernaan maupun terdapatnya infeksi dalam tubuh anak. Sedangkan faktor psikis meliputi gangguan psikologis pada anak, seperti kondisi rumah tangga yang bermasalah, suasana makan yang kurang menyenangkan, tidak pernah makan bersama orangtua, maupun anak dipaksa memakan makanan yang tidak disukai.
Nah jika permasalahan anak susah makan, anda bisa mencoba menerapkan tips berikut ini.

1. Coba sajikan makanan dalam porsi kecil.

Memberikan makan pada anak tentu beda sama orang dewasa, selain perutnya yang belum siap menerima makanan terlalu banyak, anak juga hanya menginginkan dan membutuhkan nutrisi dan gizi dari susu oleh karena itu, sebagai ibu bijak tentu mengasuh dan mendidik anak dalam pemberian makannya akan dibarengi dengan pemberan susu dancow yang mengandung berabagai nutrisi untuk otak, perkembangan bayi serta kalsium yang dapat memenuhi kepadatan tulang dan gigi si kecil.

2.Variasi makanan

Makan dengan variasi yang itu-itu saja bisa membuat anak bosan dalam menerima asupan makanan, oleh karena itu buat pola dan cara makan anak dengan metode yang bisa anda terapkan seperti menyuapi sambil jalan-jalan, atau bisa juga sambil anak bermain.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -