Posted by : Windi Ariska Selasa, 15 November 2016


Tumbuh kembang anak merupakan istilah yang sering kali kita dengar. Mengingat proses tumbuh kembang dimulai dari sejak dini, tepatnya saat sel telur dibuahi oleh sperma hingga kemudian menjadi janin, bayi, dan lahirlah ke dunia. Tumbuh kembang yang dilalui sebelum memasuki masa remaja, terjadi dalam rentang waktu yang cukup panjang. Sehingga kualitas diri dan hidupnya di masa remaja dan dewasa nanti, akan sangat tergantung pada proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada masa kanak-kanak. Adapun tempo perkembangan yang terjadi pada setiap anak memiliki perbedaan, ada yang cepat, sedang bahkan lambat. Hal ini terjadi karena ada faktor yang melatar belakanginya.
Faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, sebenarnya terdapat dua yakni faktor genetik dan faktor lingkungan. Adapun faktor lingkungan itu sendiri selanjutnya terdiri dari beberapa bagian. Diantaranya sebagai berikut :
  1. Lingkungan pre natal, ialah lingkungan sebelum bayi terlahir. Yakni saat ovum mulai dibuahi oleh sel sperma. Adapun beberapa hal yang cukup berpengaruh, ialah berupa gizi ibu, kemudian kebiasaan baik atau buruk ibu hamil, tingkat stres, zat kimia, dan masih banyak lagi hal lainnya.
  2. Lingkungan post natal, saat bayi terlahir. Dan kemudian kuantitas dan kualitas tumbuh kembang anak akan dipengaruhi oleh jenis kelamin, kemudian suku bangsa, kondisi rumah, pola asuh orang tua, asupan makanan, interaksi dalam keluarga, teman sebaya, lingkungan sekolah, kemudian norma yang diterapkan dan berlaku dalam masyarakat, hingga jumlah saudara yang dimilikinya dalam keluarga.
Itulah dua faktor lingkungan yang amat sangat memberikan pengaruh dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang tengah dilalui oleh anak. Dalam upaya membantu mengoptimalkan tumbuh dan kembang anak, mulailah dari sejak dini mempersiapkan diri dalam proses kehamilan hingga kelahiran dengan membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan sehat, kemudian menciptakan lingkungan keluarga yang aman dan nyaman, selanjutnya menerapkan pola pengasuhan yang tepat dan sesuai dengan karakter anak. dan lain sebagainya.


Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -