News
Loading...

Mengenali Penyebab Anak Mengalami Susah BAB


Susah buah air besar (BAB) atau disebut juga dengan sembelit merupakan salah satu gejala yang sering terjadi baik pada orang dewasa ataupun anak-anak. Adanya BAB ini bisa terjadi karena pola makan yang salah atau kebiasaan yang kurang baik. Terlebih lagi masalah pada anak susah bab yang penyebabnya dapat terjadi karena berbagai penyebab yang berbeda.

Untuk masalah anak yang susah babharu sjuga dilihat dari frekuensi, keadaan klinis, serta bentuk tinja dari anak. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut dapat diketahui apakah anak mengalami susah bab atau tidak. Anak susah bab biasanya mengalami rasa nyeri saat ingin BAB dan berbagai gejala yang lainnya. Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab dari anak yang susah bab berikut ini diantaranya.
Ada ganggunag pada organ pencernaan. Gangguan pada organ pencernaan berupa gangguan pada sumbatan di usus besar, seperti usus besar yang tidak dapat berkontraksi dengan semestinya. Gangguan ini dapat juga berupa gangguan pada fungsi cincin otor yang bertugas dalam melepaskan kotoran di bagian dubur anak.

Makan yang tidak teratur. Konsumsi dari menu makan anak yang kurang sehat dapat menjadi penyebab lainnya anak mengalami susah bab. Terlebih makanannya adalah makanan yang kurang sehat seperti junk food. Dari itu pastikan konsumsi makanannya terjaga.

Gangguan dari obat-obatan. Konsumsi obat-obatan tertentu pada anak dapat juga mengakibatkan anak mengalami susah bab. Beragam obat seperti obat-obatan yang berasal dari warung juga dapat menjadi masalah lainnya dari penyebab anak susah bab.

Adanya gangguan dari fungsional. Anak yang mengalami susah bab juga dapat terjadi karena hal lainnya seperti gangguan fungsional karena toilet yang seram atau bau. Gangguan ini menjadikan anak-anak trauma bahkan fobia untuk bab yang nantinya menjadikan anak mengalami bab.

Akibat penyakit tertentu. Anak-anak yang mengalami penyakit tertentu seperti kekurangan bedang badan yang sudah kronis, kekurangan cairan, atau yang lainnya dapat juga menjadi penyebab lain dari anak mengalami kesusahan dalam bab.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment