News
Loading...

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata


Kebanyakan yang kita tahu bahwa makanan yang baik untuk mata hanya wortel saja. Hal ini memang benar, karena sayuran yang satu ini mengandung betakaroten yang baik untuk retina pada mata kita. Mungkin karena lebih mudah di dapatkan juga lebih mudah disajikan, maka wortel merupakan makanan favorit bagi mereka yang senang menjaga kesehatan mata. Padahal kenyataannya tidak hanya wortel saja, masih banyak makanan lainnya yang baik untuk mata kita, diantaranya: 

1. Sayuran hijau 


Perlu anda ketahui bahwa sayuran hijau mengandung lutein yang berfungsi sebagai antioksidan yang berfungsi menurunkan resiko pembentukan degenerasi dan katarak. Sayuran hijau ini dapat meningkatkan fungsi retina mata kita. Hal ini tentunya dapat menghindari kita dari kehilangan penglihatan di karenakan pembuluh darah yang tumbuh di bawah retina. Untuk itu jangan pernah bosan untuk mengkonsumsi sayuran hijau, agar mata anda tetap sehat. 

2. Telur 


Makanan favorit saat sarapan ini kaya akan nutrisi yang baik bagi mata, diantaranya lutein dan zeaxanthin. Seperti yang sudah disebutkan diatas, kedua zat tersebut sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu telur juga mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan otak. Maka telur ini sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. 

3. Citrus dan berry 


Buah citrus terdiri dari jeruk, lemon, jeruk nipis dan jeruk bali. Semua itu mengandung vitamin C yang tinggi. Begitupun dengan buah berry. Vitamin C yang terdapat dalam buah tersebut bekerja sebagai antioksidan yang berfungsi membentuk dan mengelola jaringan ikat salah satunya kolagen pada kornea mata. Dengan begitu kita akan terhindar dari penyakit katalak dan degenerasi makula. 

3. Almond 


Makanan yang termasuk ke dalam kacang-kacangan ini mengandung Vitamin E yang mampu melindungi sel mata dari berbagai kersakan. Selain itu Vitamin E tersebut dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan gangguan pada jaringan mata yang sehat. Itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata. Ya makanan merupakan faktor terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu lebih selektiflah dalam memilih makanan.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment