News
Loading...

Penunjang Kemampuan Fisik Dan Pikir Seorang Pilot Yang Harus Diketahui



Seorang pilot dituntut untuk selalu bisa tampil secara excellent dan prima ketika mengemban tugas dalam memimpin sebuah penerbangan. Biasanya dalam setiap sekolah penerbangan di Indonesia para kadet ataupun calon pilot akan diberikan banyak pengetahuan baik yang bersifat mendasar hingga pada yang bersifat secara teknis, yang dimaksudkan agar setiap peserta sekolah ini nantinya mampu memiliki kemampuan berpikir yang cepat dan juga tepat. Apalagi lingkungan pesawat yang sedang terbang, biasanya mempunyai banyak tekanan yang bisa mengurangi berbagai kemampuan tersebut.

Adapun untuk kemampuan secara fisik, seorang calon penerbang juga haruslah selalu prima, agar ketika dalam penerbangan tidak terganggu dengan hal-hal berbau kesehatan yang bisa membahayakan penerbangan. Oleh sebab itu, dari sisi asupan makanan, seorang pilot harus mengkonsumsi :
  1. Karbohidrat secara cukup sebagai sumber energi yang biasanya sering terdapat pada buah-buahan pisang.
  2. Protein dengan takaran yang tepat, dimana nutrisi ini sangat berguna bagi pengolahan energi yang masuk ke dalam tubuh.
  3. Serat dan juga karbohidrat secara memadai, agar kebutuhan energi bisa selalu dipenuhi secara otomatis oleh tubuh, disamping juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.
  4. Nutrisi yang lengkap dan komplit, dimana biasanya sering terkandung dalam segelas susu yang wajib dikonsumsi tiap hari.

Memang asupan makanan tidak hanya menjadi faktor utama untuk menjaga vitalitas tubuh, namun setiap calon penerbang yang menjadi siswa sekolah pilot di Indonesia harus bisa :
  1. Rutin berolahraga sebagai sarana untuk menjaga kemampuan tubuh secara berkelanjutan.
  2. Menjaga waktu istirahat dengan baik, karena setiap penerbangan biasanya akan selalu menguras banyak tenaga dan pikiran.
  3. Menghindari konsumsi hal-hal yang bisa merusak tubuh seperti rokok, minuman keras ataupun obat-obatan yang berbahaya dan dilarang.

Meskipun setiap orang pasti memiliki kemampuan serta daya tahan yang berbeda, namun pada sekolah seperti ini, semua peserta didiknya haruslah mampu memenuhi standar yang jelas. Ini untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan selama proses penerbangan yang dilakukan oleh pilot. Salah satu sekolah penerbangan di Indonesia yang terbaik saat ini yaitu Java Europe, juga akan selalu menerapkan standar yang tepat agar anak didiknya bisa menjadi yang paling handal.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment