News
Loading...

Resep Tongseng Sapi Sebagai Masakan Nusantara


Masakan nusantara sangat khas karena aneka rempah pada bumbunya. Itulah salah satu poin penting yang membedakannya dengan masakan Eropa yang terkesan lebih simpel dan mudah untuk dibuat. Namun aneka rempah tersebut sangat memanjakan lidah saat dinikmati di setiap suasana, baik di waktu pagi, siang, atau pun sebagai menu malam hari. Bahkan di hari raya, berbagai masakan khas nusantara pastinya hadir di meja makan anda dan membuat anda serta keluarga selalu bersemangat di saat jam makan tiba. 

Aneka masakan khas nusantara saat ini telah diakui dan dinikmati pula di negara lain. beberapa jenis masakan yang banyak disukai di luar negeri seperti rendang, sate, nasi goreng, dan lainnya. Selain itu, masih banyak lagi masakan khas nusantara yang bisa anda buat, salah satunya adalah seperti berikut ini kami hadirkan resep tongseng sapi spesial bumbu kari.

Siapkan bahan yang diperlukan
Beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat tongseng sapi adalah 150 gram daging sapi yang telah dipotong-potong sesuai selera, tiga perempat lembar daun kol yang diiris kasar, 2 buah tomat merah dipotong kotak, 1 batang daun bawang dirajang halus, 500 ml air matang. Untuk bumbu halusnya, siapkan 6 buah cabe merah keriting bagi anda yang suka masakan nusantara bercitarasa pedas, 5 buah cabe rawit merah, 4 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 sendok teh merica butiran atau bisa juga dengan lada bubuk, 2 cm jahe, 3 butir kemiri yang disangrai, 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis. Untuk bumbu lainnya, siapkan 3 lembar daun jeruk yang disobek-sobek, 1 batang serai digeprek, 1 sendok makan bumbu kari bubuk, setengah sendok teh garam, 1 sendok makan gula pasir, 2 sendok makan kecap manis, 1 sendok teh kaldu bubuk, dan irisan cabe rawit secukupnya.

Cara pembuatan
Pertama-tama, masukkan bumbu halus, dan jeruk dan serai dan tumis hingga harum serta berubah warnanya. Berikunya, masukkan daging sapi lalu tumis dan aduk hingga daging berubah warnanya. Tambahkan air, garam, gula, bumbu kari bubuk dan kaldu bubuk lalu masak sampai daging empuk dan kuahnya semakin menyusut. Tambahkan kecap manis, aduk rata lagi. masukkan daun kol dan cabe rawit yang telah diiris lalu masak hingga daun kol layu setengah matang. Tambahkan daun bawang dan aduk, cicipi rasanya. Tambahkan tomat dan aduk lalu angkat. Terakhir, taburkan bawang merah goreng dan tongseng sapi siap disajikan, lebih sedap dinikmati selagi panas bersama nasi hangat.

Itulah resep tongseng sapi sebagai salah satu masakan nusantara paling disukai, selamat mencoba!
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment