Posted by : Windi Ariska Senin, 22 Mei 2017

Inilah Strategi Efektif Dalam Pelaksanaan Humas

Teori Strategi Humas diperlukan untuk membentuk citra positif bagi perusahaan, organisasi atau lembaga dengan tepat. Strategi humas ini akan menjadi acuan atau pedoman dalam pengambilan langkah sosialisasi yang tepat terhadap publik. Oleh karena itu, pegawai humas harus memahami tentang strategi yang akan dilakukan nanti.

Setiap perusahaan atau organisasi mempunyai cara-cara tersendiri untuk mewujudkan komunikasi yang tepat kepada publik. Entah itu melalui pendekatan persuasif, edukatif maupun berbaur bersama masyarakat untuk membentuk kepercayaan. 

Tapi, strategi humas yang efektif meliputi beberapa hal di bawah ini!

Tujuan yang jelas dan menentukan

Semua usaha yang dilakukan sebagai strategi ini diarahkan untuk bisa mencapai pehamaman jelas yang menentukan tercapainya keseluruhan dari tujuan. Tidak hanya tujuan spesifik bagi suatu unit saja, melainkan juga tujuan secara umum.

Memelihara inisiatif

Setiap strategi yang direalisasikan harus mampu menjaga kebebasan bertindak dan komitmen yang terbentuk. Sebuah strategi juga harus menentukan dan menetapkan tindakan pada suatu peristiwa bukanlah reaksi dari peristiwa ini.

Konsentrasi dan fokus

Strategi sudah semestinya memusatkan kekuatan besar untuk menentukan. Langkah yang diambil harus sesuai tujuan dari awal dan tidak boleh melenceng. Meskipun ada yang mengganggu tetap fokus pada satu tujuan. Apapun itu yang dilakukan oleh kompetitor, sebaiknya suatu peruasahaan tidak boleh terganggu dengan kompetitornya. Konsentrasi saja pada tujuan yang ingin dicapai.

Fleksibilitas

Fleksibilitas berarti strategi yang dibentuk harus disertai dengan sumber daya manusia, fasilitas dan peralatan yang sesuai. Selain itu, dana juga bagian terpenting dari keberhasilan teori strategi humas. Sehingga, sangat perlu ditata sedemikian rupa agar strategi itu bisa dilaksanakan dengan tepat.

Mempunyai komitmen dan terkoordinasi

Handaknya strategi itu memiliki kepemimpinan yang mempunyai komitmen serta tanggung jawab pada pencapaian tujuan. Komitmen dibutuhkan menjaga pelakasanaan dari strategi humas agar tetap berjalan sesuai yang direncanakan.

Inilah Strategi Efektif Dalam Pelaksanaan Humas


Kejutan

Sebuah strategi baiknya tidak terbaca oleh lawan. Harus memiliki kekuatan serta kejutan dalam memanfaatkan keadaan. Kakuatan strategi adalah kecerdasan dan kerahasiaan untuk menyerang lawan tanpa diketahui.

Keamanan

Aspke kemanan harus menjadi perhatian khusus. Jangan hanya melaksanakan suatu strategi saja, tanpa melihat kenyamanan dan keamanan sumber daya serta semua program di dalamnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -