News
Loading...

Tips Membina Ikatan Ibu dan Anak


Membangun hubungan unik antara ibu dan anak dapat menghasilkan efek perkembangan yang langgeng. Kami tahu secara naluriah bahwa ikatan antara ibu dan anak sangat berharga dan unik. Penelitian menunjukkan bahwa ikatan ibu-anak yang aman di tahun-tahun awal membuat bagus perkembangan psikologis, emosional, mental dan fisik yang optimal seumur hidup. Untuk mendukung tumbuh kembangnya, Anda juga bisa menambahkan Dancow dalam pola asuh Anda. 

Menurut penelitian, anak-anak yang memiliki keterikatan dengan ibu mereka memiliki harga diri yang lebih baik dan mengatasi tekanan hidup dengan lebih mudah. Kedekatan fisik bahkan bisa meningkatkan kekebalan anak Anda dan menurunkan risiko terkena penyakit tertentu. Lantas bagaimana cara tepat menjalin ikatan ibu dan anak

Tiga atau empat tahun pertama kehidupan anak Anda khususnya adalah tahun-tahun formatif ketika otak anak Anda berkembang dengan cepat. Itu adalah waktu yang tepat untuk membuat koneksi bagi ibu dan anak serta membentuk pola yang akan bertahan seumur hidup. Tidak berarti Anda harus siap selalu dalam 24 jam, tapi Anda menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan anak Anda sehingga anak tahu bahwa Anda ada di sana.

Bagaimana Anda bisa menghabiskan waktu tapi masih menyelesaikan pekerjaan Anda? Bagi ibu yang bekerja dan ibu yang tinggal di rumah, mintalah saat untuk menggabungkan anak tersebut ke dalam dunia Anda. Misalnya, biarkan anak bermain dengan mainan atau permainan saat Anda melakukan pekerjaan lain di dekatnya. Bawa anak-anak berbelanja dan minta mereka memeriksa barang-barang di daftar Anda jika sudah cukup umur. 

Pergi untuk jalan-jalan di lingkungan sekitar. Hubungan ibu dan anak adalah sebuah proses, yang dibangun setiap saat. Kuantitas serta kualitas waktu yang dihabiskan bersama penting. Berikan lebih banyak sentuhan ketika dia masih bayi. Berikan pijatan dengan lembut untuk mendapatkan berat badan yang seimbang. Memberikan sentuhan, bisa menjalin ikatan batin antara ibu dan anak. 

Lakukan kontak kulit ke kulit dengan bayi, peluklah dan dekatkan bayi Anda yang belum berpakaian (kecuali popok) ke dada telanjang Anda. Itu disebut perawatan kanguru, kontak ini mengirimkan sinyal langsung ke otak melalui sistem saraf. Ini tidak hanya memperkuat ikatan ibu dan anak, tapi juga menenangkan dan menstabilkan detak jantung bayi Anda. Memperbaiki tidur dan mendorong penambahan berat badan.



Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment