Posted by : rida Kamis, 09 Juli 2015



Minat banyak orang pada sebuah tempat tinggal semakin tinggi terutama dengan adanya program yang memberikan kemudahan untuk memiliki sebuah hunian yakni dengan pembelian rumah BTN melalui sistem KPR atau kredit pemilikan rumah. Program tersebut akhir-akhir ini mengalami tingkat kepopuleran yang sangat tinggi karena berhasil memberikan banyak kemudahan dan keuntungan bagi pemohonnya. Caranya yang sangat mudah yaitu dengan membayar uang muka dan memberikan berbagai macam dokumen yang diminta oleh pihak yang bersangkutan, anda sudah dapat memiliki sebuah hunian impian untuk ditempati.

Sebelum melakukan pengajuan untuk membeli kredit rumah BTN ada baiknya anda mematangkan beberapa strategi agar semua dapat lancar tanpa hambatan dari mulai perencanaan, penyediaan down payment, dan sebagainya. Berikut akan saya paparkan beberapa tips sebelum mengajukan kredit sebagai referensi bagi anda:

1 . Melakukan Simulasi KPR

Simulasi ini berguna sebagai gambaran sebuah proses mengenai kredit yang akan anda ajukan. Setiap nasabah nantinya akan wajib melakukan sebuah simulasi agar mendapat kejelasan berupa gambaran yang jelas dari segi finansial yang anda sanggupi.

2 . Menabung Untuk Pembayaran DP

Down payment atau DP adalah biaya awal yang dibutuhkan dalam pembelian kredit tersebut. Bagi anda yang masih belum memiliki uang muka sebagai persyaratan utama pengambilan KPR, anda dapat menabungnya secara perlahan. DP yang ditentukan sebesar 20 % - 30 % jadi dalam jangka waktu beberapa bulan saja maka rencana anda untuk memiliki sebuah hunian dapat terlaksana.

3 . Semakin Besar Uang Muka Semakin Bagus

Dengan membayar down payment lebih besar dari yang telah ditetapkan, akan menjadikan jumlah cicilan lebih ringan karena pinjaman menjadi lebih menyusut. Tetapi keuangan anda akan semakin tersedot. Untuk hal ini, anda harus memiliki kesiapan yang matang terutama dalam segi finansial.

4 . Menunggu Usia Yang Tepat

Sebagian orang banyak yang menunda-nunda untuk pembelian sebuah kredit properti tersebut, alasannya adalah takut kreditnya tidak dapat terlunasi karena cicilan KPR akan memakan waktu hingga 2 dekade lamanya. Untuk hal ini anda harus mengetahui bahwa batas maksimal pelunasan dari kredit rumah adalah 55 tahun untuk seorang karyawan dan 65 tahun untuk wiraswasta.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -