News
Loading...

Banyak Manfaat Mengajari Anak Berenang Sejak Dini

belajar berenang

Berenang merupakan hal yang paling menyenangkan dan juga membuat anak- anak bahkan bayi merasa happy. Aktivitas berenang merupakan aktivutas yang sangat menyenangkan untuk anak- anak. Mereka dapat bermain air sepuasnya sambil berolahraga. Sebagian orang tua beranggapan mengajari anak berenang terlalu dini merupakan hal yang berlebihan, namun pada kenyataannya aktivitas berenang akan membantu meningkatkan rasa percaya diri anak dan kepandaian Si Kecil. 

Karena pada saat anak berenang anak akan mengalami rangsangan motorik yang baik, sebab ketika berenang anak melakukan banyak gerakan. Misalnya menendang, berseluncur, melompat kedalam kolam, dan beragam gerakan yang lain yang melibatkan seluruh anggota tubuhnya bergerak. Oleh karena itu belajar berenang bagi anak sangat penting.

Banyak sekali manfaat yang bisa anak dapatkan dengan kegiatan bereang diantaranya:

belajar berenang


Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Sebuah penelitian di Jerman mengungkapkan bahawa anak- anak yang belajar berenang pada usia 2 bulan sampai 4 tahun akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan memiliki kepercayaan diri labih tinggi serta lebih mandiri daripada mereka yang tidak belajar berenang.

Mengajarkan keseimbangan tubuh

Aktivitas berenang membentuk koordinasi anggota tubuh misalnya, gerakan kaki, lengan, teknik bernafas hingga kepala. Dengan begitu anak akan mampu melakukan berbagai gerakan dengan seimbang.

Membuat anak menjadi cerdas

Kegiatan berenang membuat anak melakukan banyak gerakan pada kedua sisi tubuhnya yang biasanya berpola. Dengan demikian saraf-saraf di otak akan aktif terutama di bagian Corpus Callosum yang bertugas mengatur komunikasi balik terhadap rangsangan dan mengantarkan rangsangan dari sisi otak ke sisi yang lain. Sehingga kemampuan membaca, berbahasa, serta pembelajaran akademis anak akan meningkat.

Melancarkan peredaran darah

Dengan berbagai gerakan yang dilakukan seluruh anggota tubuh maka peredaran darah akan lancer.

Melatih untuk tidak takut air 

Dengan seringnya melatih anak berenang maka ia akan berlama- lama berada di air sehingga, ketakutan terhadap air akan hilang dan juga ia menjadi bias berenang

Mencegah terjadinya obesitas

Dengan kegiatan berenang yang melibatkan banyak gerakan tubuh, sehingga bias mengurangi bahkan mencegah terjadinya obesitas. Tidak hanya itu dengan berenang juga kesehatan jantung dan paru-paru lebih terjaga.

Bunda selain mengajarkan berenang memberikan nutrisi yang baik dan juga lengkap akan mendukung pertumbuhan anak, oleh karena penuhi kebutuhan nutrisi SI Kecil dengan rangkaian Produk Dancow Gum yang merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia satu tahun keatas.

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment