News
Loading...

Mengenal Tahapan Pertumbuhan Anak

pertumbuhan anak

Tidak semua orangtua mengenal tahapan-tahapan penting pada pertumbuhan anak. Terutama untuk orangtua yang baru saja memiliki anak. Padahal, mengenal dan mengetahui tahapan-tahapan pada pertumbuhan si kecil sangat penting untuk diperhatikan. Ingin tahu apa saja tahapan-tahapannya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini:

1. Tinggi Badan

Orangtua wajib mengetahui apakah anaknya tumbuh secara optimal atau tidak. Salah satunya bisa dilihat dari tinggi badannya. Bayi berusia 0 hingga 12 bulan, biasanya tumbuh tinggi sebesar tinggi 25 cm. Kemudian, di usianya yang ke-1 hingga 2 tahun, akan bertambah menjadi 13 cm.

Sedangkan anak berusia 2 hingga 3 tahun, pertumbuhan tinggi badannya kisaran 9Cm. Kemudian, di usia yang ke-4, si kecil kemampuan tinggi badannya menurun menjadi 5 cm.

pertumbuhan anak

2. Berat Badan

Kenali tahapan tumbuh kembang si kecil dari berat badannya. Idealnya, bayi yang baru lahir memiliki berat badan sekitar 2,6 hingga 3,8 kg. Berat badannya akan tumbuh sesuai dengan perkembangan usianya.

Si kecil di usia yang ke-6 hingga 12 bulan, akan bertambah 85 hingga 40 gram setiap minggunya. Sedangkan di usianya yang ke 1 tahun, mereka akan bertambah sekitar 2,5 kg.

3. Perhatikan Pertumbuhan si Kecil Melalui Lingkar Kepala

Tolok ukur pertumbuhan si kecil juga bisa dilihat dari lingkar kepalanya. Bayo berusia 0 hingga 3 bulan, lingkar kepalanya akan bertambah 2 cm setiap bulannya. Sedangkan bayi berusia 1 hingga 6 bulan akan bertambah 1 cm setiap bulannya.

Sedangkan untuk bayi 6 hingga 12 bulan, akan bertambah ½ cm setiap bulannya. Terakhir, bayi berusia 1 hingga 2 tahun, akan bertambah 2 cm dalam satu tahun.

Cara Optimalkan Pertumbuhan si Kecil

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD ( Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.

Pertumbuhan anak memiliki beberapa tahapan. Setiap orangtua memiliki peranan penting untuk mengoptimalkannya. Maka  dari itu, mulai mengenali pertumbuhan si kecil agar Anda bisa  mengoptimalkannya.

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment