News
Loading...

Agar Dompet Tetap Aman Saat Transaksi Kartu Kredit di Masa New Normal



Kartu kredit menawarkan berbagai macam fitur dan kepraktisan bagi para nasabah. Tak heran jika banyak yang apply  kartu kredit ini untuk mendapatkan keuntungan saat belanja. Sebab, banyak juga kartu kredit yang menawarkan promo khusus di berbagai merchant tertentu.

Sejatinya kartu kredit bakal memberikan kamu banyak keuntungan. Apalagi jika kamu bisa menggunakannya dengan bijak. Sebab, fitur yang ditawarkan oleh kartu kredit ini sangat memanjakan dan bikin hidup jadi makin praktis.

Namun tak jarang kepraktisan ini melenakan alias bikin lupa. Saking enaknya bertransaksi, tahu-tahu tagihan membengkak, bahkan sampai melebihi limit kredit. Wah, padahal pada beberapa kartu kredit kalau transaksi kita over limit alias melebihi limit kredit, kita bisa terkena biaya tambahan lagi loh.

Di masa new normal seperti ini, tak ada salahnya kita lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan. Menggunakan kartu kredit bisa menjadi salah satu pilihan bijak, tapi juga dapat membuat dompet menipis jika tidak pandai mengaturnya.

 Belum lagi beberapa transaksi lainnya yang kita gunakan tanpa tahu bunga dan potongannya yang cukup besar. Untuk itu, inilah pentingnya mengontrol penggunaan kartu kredit sejak awal pemakaian. Jangan sampai berlebihan hingga melupakan berbagai detail biaya bunga yang bakal kamu tanggung ke depan.

Nah, beberapa hal seperti pemakaian tak terkendali bisa membuat tagihan kartu kredit tak terasa tiba-tiba membengkak. Untuk itu, coba beberapa tips berikut agar pemakaian kartu kredit kamu tetap terkontrol dengan baik.

  1. Belanja Sesuai Kebutuhan

Kalau kamu suka belanja dengan kartu kredit, itu sah-sah saja kok. Apalagi berburu diskon dengan fasilitas kartu kredit kamu. Biasanya tiap kartu kredit memang memberikan fasilitas diskon dan promo khusus untuk para nasabahnya.

Namun akan lebih bijak jika kamu belanja sesuai dengan kebutuhan. Terkadang karena melihat diskon yang melimpah, kita jadi ingin segera beli. Padahal yang dibeli belum tentu barang yang dibutuhkan. Nah, hal inilah yang kerapkali menjebak pemakai kartu kredit untuk terus belanja demi memanfaatkan diskon.

Tahan keinginan kamu membeli barang yang tak perlu. Skip dulu deh, ingat limit ingat tagihan. Kamu harus disiplin keuangan jika ingin tagihan kamu aman.

Sebaliknya, kalau memang kamu mau berhemat anggaran bulanan. Cek dan buatlah list kebutuhan kamu, jadikan mana yang paling utama dulu. Apakah kebutuhan pokok, atau kebutuhan lainnya yang belum terpenuhi. Nah, dari situ kamu kemudian bisa cek diskon dan promo dari kartu kredit kamj. Kalau ada, wah bisa borong nih buat stok sampai bulan depan!

  1. Hindari Tarik Tunai Kartu Kredit 

Waktu butuh cash cepat, tarik tunai kartu kredit memang jadi andalan banget. Tinggal datang ke ATM aja, kita bisa dapat pinjaman tunai dengan mudah tanpa harus melakukan beberapa langkah lainnya. Tapi tanpa kita sadari, bunga tarik tunai kartu kredit ini cukup besar loh.

Kamu bakal kena biaya penarikan kartu kredit tiap melakukan penarikan tunai. Nantinya langsung masuk ke tagihan kamu setiap bulannya. Jangan kaget ya kalau kamu tarik tunai dengan kartu kredit terus dapat tagihan yang lumayan.

  1. Kartu Kredit Gratis Iuran Tahunan

Kamu bisa saja memilih kartu kredit gratis iuran tahunan untuk mengurangi biaya tambahan iuran tahunan. Tentu saja ini cukup efisien karena kamu tidak perlu membayarkan biaya tahunan seperti beberapa kartu kredit lainnya. Tapi ingat ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk mendapatkan kartu kredit jenis ini.

Biasanya syarat tersebut meliputi jumlah gaji per tahun dan transaksi minimal setiap bulan. Akan tetapi, setiap bank biasanya punya syarat tersendiri. Kamu bisa memilih syarat atau ketentuan yang paling sesuai dengan kondisimu. Jika memenuhi untuk dapat gratis iuran tahunan, kenapa tidak?

  1. Gunakan Sesuai Aktivitas

Seperti yang kamu tahu, ada banyak banget jenis kartu kredit saat ini. Kalau kamu doyan belanja, maka sebaiknya pilih kartu kredit khusus belanja. Kalau kamu traveler sejati, tak ada salahnya bersiap dengan kartu kredit yang ramah diskon tiket penerbangan. Akan tetapi, kalau kamu mau dapat banyak diskon BBM, ada juga jenis kartu kredit yang memberikan diskon BBM.

Jadi sebelum apply kartu kredit, kamu harus bisa memastikan apa saja yang jadi kebutuhan kamu dalam menggunakan kartu kredit nantinya. Sesuaikan saja dengan aktivitas dan kebiasaan kamu. Cocok nggak sama gaya hidup kamu? Jangan kamu yang mengikuti gaya kartu kreditnya.

  1. Apply Kartu Kredit Secara Online

Di masa new normal ini kamu harus lebih berhati-hati karena menghindari kontak fisik dan pergi keluar rumah terlalu jauh. Oleh karena itu apply kartu kredit secara online adalah pilihan yang lebih aman.

Dengan memilih kartu kredit yang tepat, kamu pun jadi lebih mudah dalam beraktivitas. Untuk memilih kartu kredit terbaik dan paling sesuai dengan gayamu, coba aja Apply kartu kredit di cekaja.com. Kamu bisa bebas memilih  kartu kredit yang banyak diskon dan paling cocok di dompet kamu.

Kamu enggak perlu pergi kemana-mana dan bisa mendapatkan berbagai informasi tentang kartu kredit yang akan kamu apply. Selain itu kamu juga bisa membandingkan setiap produk dari berbagai macam kartu kredit yang ada di tiap perbankan termasuk dari diskon hingga gratis iuran tahunan. Dengan begitu kamu bisa apply kartu kredit dengan mudah efisien dan tepat sesuai kebutuhan. https://www.cekaja.com/kartu-kredit/
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment