News
Loading...

Fakta dan Hoax Terkait Pinjaman Online



Di era modern dengan setiap masyarakat memiliki kondisi keuangan berbeda-beda, hadirlah sebuah pinjaman online sebagai solusi. Pinjaman sebenarnya merupakan sebuah transaksi hutang-piutang yang sudah dikenal masyarakat secara luas. Hanya saja di era serba digital ini maka proses transaksi pinjaman pun juga ikut menggunakan sistem tersebut. 

Pinjaman online ini merupakan sebuah jawaban sekaligus solusi bagi masyarakat yang membutuhkan dana cepat. Terlebih tanpa bisa diprediksi sebelumnya, kebutuhan sering kali datang mendadak. Akan sangat membingungkan tatkala Anda tak memiliki persiapan dana sama sekali. Misalkan saja untuk kebutuhan berobat keluarga yang sakit. 

Dalam kondisi seperti ini, meminjam pihak bank atau perseorangan tentu membutuhkan waktu yang tak sedikit. Padahal Anda membutuhkan dana pinjaman tersebut secepatnya.  Oleh karena itulah, hadirnya pinjaman online sangatlah membantu untuk Anda bisa mendapatkan dana cepat dan tentu tanpa mengeluarkan jaminan apapun. 

Namun, sangat disayangkan lantaran banyak sekali berita hoax terkait pinjaman bersifat online ini. Kebanyakan hoax tersebut memuat berita negatif yang justru membuat banyak orang ketakutan meminjam. Memang pinjaman online ada resiko namun, transaksi ini pun termasuk legal di Indonesia dan tentunya aman. 

Fakta Dibalik Transaksi Pinjaman Online yang Sering Kali Disalahpahami

Kini saatnya Anda mengetahui sejumlah fakta menarik yang sering kali disalahpahami oleh masyarakat. Banyak masyarakat yang justru kemakan hoax padahal pinjaman online tidak semenakutkan yang dikira. Sehingga perlu untuk Anda mengetahui fakta terkait transaksi tersebut. Karena pada dasarnya transaksi ini aman dan bahkan telah ada aturannya. 

Sesuai dengan namanya, pinjaman online ini sangat mudah dilakukan. Hanya dengan modal smartphone di tangan Anda bisa langsung meminjam dana dengan jumlah tertentu. Tentu ini menjadi fakta pertama mengapa pinjaman bersifat online ini sangat diminati masyarakat. Apalagi pinjaman sistem ini sangat membantu masyarakat ketika didera oleh kebutuhan mendesak. 

Fakta selanjutnya pinjaman online ini juga tidak membutuhkan banyak persyaratan. Sering kali banyak orang ragu untuk meminjam dana di bank konvensional lantaran banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi. Belum lagi prosedur juga sangat rumit. Sehingga pinjaman online menjadi solusi yang sangat efektif untuk masyarakat. 

Pada dasarnya pinjaman sistem online ini diperbolehkan di Indonesia asalkan mengikuti aturan yang berlaku. Kini sudah banyak fintech yang terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dan fintech ini terbukti aman dan terpercaya. Hanya saja ini juga sebanding dengan banyaknya fintech pinjaman online abal-abal. Sehingga Anda harus waspada. 

Dan fakta yang tentunya membuat semua orang tergiur adalah mudahnya pencairan dana. Pinjaman online ini efektif lantaran dananya cepat cair bahkan dalam hitungan menit. Maka dari itu, meminjam dana secara online sangat efektif untuk Anda yang membutuhkan dalam jangka waktu cepat. 

Hoax yang Sering Kali Terdengar Seputar Pinjaman Online

Seiring dengan banyaknya fakta yang terpampang jelas, kabar miring atau hoax seputar pinjaman sistem online juga marak. Di antaranya adalah terkait bunga yang terlalu mencekik. Tak bisa dipungkiri jika memang kabar ini ada namun, tidak sepenuhnya benar. Pasalnya Anda harus melihat terlebih dahulu fintech pinjaman online mana yang dipilih. 

Banyak kasus penipuan hingga tak sedikit masyarakat yang mengeluhkan besarnya bunga pinjaman online. Padahal faktanya hampir 800 fintech abal-abal atau ilegal tersebar. Lebih besar dari 99 fintech yang secara resmi terdaftar di OJK. Tentu ini harus menjadi perhatian serius agar masyarakat tidak menjadi korbannya. 

Yang sering kali terdengar pula adalah seputar bocornya data nasabah. Jadi banyak pihak yang justru merasa dirugikan lantaran peristiwa tersebut. Lagi-lagi Anda sebagai nasabah perlu hati-hati dan benar-benar memperhatikan fintech yang dipilih. Terlebih sistem informasi yang digunakan fintech pinjaman online dilakukan melalui aplikasi. 

Maka dari itu, jika memang Anda membutuhkan dana dalam waktu cepat maka sebaiknya perhatikan dan cermati fintech yang akan dipilih. Upayakan untuk mengetahui secara pasti informasi seputar fintech. Serta pilih fintech pinjaman online yang memang sudah terdaftar secara resmi di OJK agar kejadian tak diinginkan terjadi.  

Cara Aman Memilih Fintech Pinjaman Online

Sebenarnya sangat mudah untuk terhindar dari fintech pinjaman online abal-abal ini. Sebelum Anda melakukan transaksi peminjaman sebaiknya cari tahu informasi seputar fintech tersebut. Pastikan sudah terdaftar di OJK. Selain itu, pastikan pula tahu semua terkait ketentuan saat meminjam. Termasuk besaran bunga yang ditentukan serta periode pembayaran. 

Yang tak kalah penting, sesuaikan dengan kemampuan Anda membayar. Hal ini dikarenakan mau serendah apapun bunganya jika Anda tidak memiliki kemampuan membayar tentu ini hanya akan memberatkan. Tak hanya itu, cari tahu adakah ada biaya lain di luar pinjaman online tersebut. Ini bertujuan untuk menghindari banyaknya hutang yang harus dibayar.  

Karena mengacu pada sistem online maka Anda akan dihadapkan pada aplikasi sebagai media transaksi. Oleh karena itu, pilih fintech pinjaman online dengan aplikasi yang mudah dipahami. Baik dari segi ketentuan hingga cara penggunaan. Ini bertujuan agar Anda tak salah paham  terkait pinjaman online yang berujung pada hal-hal yang merugikan. 

Cara selanjutnya adalah pahami resiko yang akan Anda tanggung. Karena pada dasarnya semua pinjaman online memiliki resiko. Apalagi banyak orang yang terlanjur meminjam ternyata tak begitu memahami resiko pinjaman. Dan ini menjadi faktor yang membuat para nasabah merasa dirugikan. Upayakan untuk selalu cermat dalam memahami setiap aturan. 

Bagi Anda yang memang belum paham sepenuhnya terkait pinjaman sistem online maka bisa langsung cari tahu di cekaja.com. Semua informasi secara lengkap tersaji dengan informasi yang mudah dipahami.  Selain pinjaman online khusus untuk informasi seputar kredit tanpa agunan bisa langsung klik di https://www.cekaja.com/pinjaman-online/.




Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment