News
Loading...

Tips dan Cara Mendidik Anak Belajar di Saat COVID-19

Penelitian menunjukkan bahwa faktor terpenting dalam keberhasilan pendidikan anak adalah keterlibatan orang tua mereka. Pada minggu-minggu pertama gangguan yang disebabkan oleh pandemi, orang tua (terutama anak-anak balita dan sekolah dasar) berperan penting dalam berbagai upaya serta cara mendidik anak untuk memulai dan menjalankan pelajaran. Sejak itu, kita menjadi rekan pengajar dan teman bermain.

Banyak guru yang menikmati pengalaman mengajar secara online. Secara umum, siswa menanggapi dengan baik platform digital. Jika kelas online bukan pilihan, orang tua menghargai paket pembelajaran yang dikumpulkan dan dikirim melalui sosial media seperti WhatsApp atau tersedia untuk diambil dari sekolah. Jadi, apa yang bisa kita perkirakan untuk tahun ajaran mendatang? Kita tahu bahwa apapun 'new normal' itu, tidak mungkin seperti yang sebelumnya. Selain perubahan operasional yang sangat besar di sekolah, beberapa bentuk pembelajaran jarak jauh akan tetap ada. Mungkin melihat masalah yang kita hadapi dalam beberapa bulan terakhir akan membantu meningkatkan pendidikan dalam jangka panjang.

Pengendalian Emosi Dalam Pengambilan Keputusan dan Kesuksesan Pendidikan


Bagaimana anak kita menanggapi penghentian rutinitas dan rentetan informasi yang terus-menerus tentang virus berbahaya yang membuat mereka tidak bisa bersekolah? Beberapa anak mungkin tidak ingin kembali ke rutinitas lama (atau yang baru dan lebih membingungkan) setelah menghabiskan waktu di rumah. Orang lain akan menerimanya. Kita semua mencari cara untuk mengintegrasikan 'new normal' ke dalam cara mendidik anak kita. Solusinya adalah:

Cari tahu bagaimana pandemi mempengaruhi anak Anda dan keluarganya. Beberapa akan menjadi lebih dekat sementara yang lain akan kehilangan anggota keluarga. Beberapa mungkin telah melalui atau masih mengalami sakit atau kehilangan pekerjaan.

Jelaskan cara pandemi mempengaruhi Anda. Mengatakan apa yang kita rasakan dan apa yang kita perjuangkan meyakinkan anak kita bahwa perasaan, keraguan, dan ketidakpastian mereka valid dan alami di saat pergolakan.

Diskusikan efek pandemi di seluruh dunia, sehingga anak-anak mengembangkan pemahaman dan empati terhadap orang lain. Dan dapat memikirkan solusi untuk masalah yang kita hadapi di saat krisis.

Pentingnya Teknologi dan Adaptasi

Entah bagaimana kita berhasil. Cukup dari kita yang memiliki pengalaman dengan kelas atau pertemuan online atau video call untuk mengetahui bahwa itu mungkin terjadi. Ada kontak melalui media sosial dan telepon biasa. Kita dapat berbagi pelajaran dan materi kita dengan keluarga. Ini tidak berhasil untuk semua anak, kita perlu meningkatkan serta mengembangkan cara mendidik anak yang berjalan dengan baik.

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment