News
Loading...

Mengenal Gejala dan juga Cara Mengatasi Rhinotracheitis Kucing



Rhinotracheitis merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang kucing. Rhinotracheitis kucing ini disebabkan oleh virus herpes simpleks yang menyebabkan infeksi pada hidung dan tenggorokan kucing.

Gejala utama dari rhinotracheitis kucing yaitu demam, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. Beberapa kucing juga mungkin mengalami sakit kepala dan mual. Jadi pastikan Anda mengenali gejalanya.

Bagaimana Cara Mengatasi Rhinotracheitis pada Kucing

Jika kucing Anda mengalami gejala rhinotracheitis seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, segera bawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan dan diagnosis. Dokter hewan akan melakukan tes darah dan cairan hidung untuk mengidentifikasi virus dan mengevaluasi kondisi kesehatan kucing Anda.

Untuk mengatasi penyakit ini, diperlukan penanganan medis, salah satunya seperti dokter hewan. Beberapa cara untuk mengatasi rhinotracheitis pada kucing antara lain :

1.   Memberi Obat Antivirus

Dokter hewan akan mungkin meresepkan obat antivirus untuk membantu mengobati infeksi virus pada kucing Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, setelah ditentukan kondisinya maka akan diberi obat antivirus yang tepat.

2.   Memberikan Obat Inflamasi pada Kucing

Obat antiinflamasi akan membantu mengurangi peradangan pada hidung dan tenggorokan kucing Anda. Obat ini juga tergolong sangat penting untuk kesembuhan kucing yang tengah mengalami kondisi tersebut.

3.   Memelihara Lingkungan Agar Tetap Bersih

Memastikan lingkungan kucing Anda tetap bersih dan steril dapat membantu mencegah infeksi virus yang baru. Itulah kenapa Anda harus memperhatikan lingkungan juga saat mengatasinya.

4.   Memberikan Cairan yang Cukup

Pemberian cairan juga tidak kalah penting. Jika kucing Anda mengalami dehidrasi karena infeksi, dokter hewan mungkin akan merekomendasikan pemberian cairan melalui infus untuk membantu mengatasi kondisi tersebut.

5.   Melakukan Isolasi Terhadap kucing

Jika kucing Anda terdiagnosa menderita rhinotracheitis, penting untuk mengisolasi dari kucing lain untuk mencegah penyebaran virus. Dengan begitu,virus tidak akan menyebar ke kucing yang lain. Anda harus mengetahui bahwa penyakit ini sangat menular.

Demikian penjelasan seputar penyebab dan juga cara mengatasi rhinotracheitis kucing  dan juga cara mengatasinya. Jangan lupa juga untuk tetap memberi mereka makanan bernutrisi seperti dari Royal Canin.

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment