Posted by : rida Minggu, 15 November 2015

Memandikan bayi memang bukan hal yang mudah apalagi bayi yang baru lahir. Kulit yang lembut dan sensitif juga tulang tubuh yang masih belum keras kadang membuat para orangtua merasa khawatir untuk memandikannya. Tetapi sebagai orang tua yang baik, pasti kita sangat ingin mengurusnya sendiri dari hal yang mudah seperti mengganti popok sampai ke hal yang cukup sulit yaitu memandikan. Yang terpenting di sini kita mau belajar. Berikut cara memandikan bayi baru lahir untuk anda para pasangan muda.


Yang pertama sebelum memandikan kita harus menyiapkan dulu perlengkapan mandi seperti air hangat secukupnya boleh di dalam bak mandi bayi atau baskom, sabun dan sampho. Baskom sebaiknya diberi alas kain pernel atau spons yang lembut supaya bayi tidak bersentuhan langsung dengan alas baskom yang keras. Setelah itu siapkan popok, baju dalam, baju luar dan celana bayi. Siapkan juga pernel sebagai alas tubuh bayi saat diberi sabun.

Cara memandikan bayi baru lahir yang kedua adalah memandikan. Caranya adalah baringkan bayi di pernel yang sudah disiapkan. Buka bajunya satu persatu. Lalu basahi badan bayi dengan sedikit air, lalu beri sabun. Untuk mencegah kulit bayi menjadi kering, beri sabun sedikit saja. Gosok-gosok dengan lembut bagian depan dan belakang tubuh bayi. Bersihkan juga bagian bokong dan alat kelamin. Setelah selesai, basahi kepala bayi dengan sedikit air. Beri sampho lalu usapkan ke kepala bayi. Lalu bilas dengan sedikit air atau bisa gunakan waslap untuk menghilangkan busa sabun. Setelah itu bilas dengan air di baskom, dengan memasukkan badan bayi ke dalam baskom dan kepala bayi tetap diangkat diatas air. Setelah selesai badan lalu kepala juga dibersihkan dengan mengusapkan air ke kepala bayi. Setelah selesai angkat bayi supaya tidak kedinginan.

Setelah dimandikan keringkan badan dan kepala bayi dengan handuk. Cara yang paling baik adalah dengan menepuk-nepuk bukan menggosoknya. Pastikan semuanya kering terutama area popok dan lipatan-lipatan seperti paha, ketiak dan leher. Untuk bayi yang masih belum lepas tali ari-arinya setelah dimandikan bisa diberi bedak khusus untuk area tersebut atau konsultasi dengan dokter atau bidan. Untuk pemakaian bedak tabur ini harus hati-hati supaya tidak mengganggu pernapasan bayi. Terakhir pakaikan popok, baju dalam, baju luar dan celana atau langsung dibedong.

Demikian langkah-langkah untuk memandikan bayi yang baru lahir. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -