Posted by : rida Senin, 21 Desember 2015

penggunaan bpjs

Persalinan merupakan hal yang sangat ditunggu tunggu oleh banyak pasangan  dimana itu akan menjadi hari yang membahagiakan dan tidak akan terlupakan. Akan tetapi, sudahkah anda mempersiapkan segalanya untuk menghadapi persalinan? Mempersiapkan budget adalah hal yang sangat penting saat persalinan sudah semakin dekat, yang mana smua proses persalinan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tapi tahukah anda bahwa proses persalinan ternyata dapat berjalan lancar tanpa biaya sedikitpun? BPJS adalah salah satu alternatif yang banyak dipilih oleh banyak orang dalam menjamin kesehatannya tidak terkecuali proses persalinan. Hal ini disebabkan proses persalinan dengan menggunakan BPJS akan sangat menghemat biaya bahkan tanpa biaya. Banyak ornag yang sudah melakukan pendaftaran BPJS, tapi masih bingung bagaimana cara penggunaan kartu BPJS tersebut.
Bagi anda yang akan menggunakan BPJS untuk proses persalinan, sebaiknya anda mengetahui cara menggunakan kartu BPJS yang benar sesuai prosedur yang berlaku, sehingga proses persalinan tidak akan mengeluarkan biaya karena semua biaya sudah ditanggung oleh BPJS. Berikut ini adalah tips untuk menggunakan BPJS supaya proses persalinan dapat berjalan lancar tanpa harus mengeluarkan uang.
Langkah pertama, anda harus memiliki kartu BPJS terlebih dahulu, kemudian, para ibu hamil sebaiknya melakukan pemeriksaan secara rutin ke fasilitas kehamilan yang sudah disediakan oleh BPJS baik itu di puskesmas terdekat dan juga dokter keluarga. hal tersebut sangatlah penting supaya kesehatan anak dan bayi akan tetap terpantau, sehingga jika diperlukan rujukan, maka fasilitas kesehatan akan langsung memberikan surat rujukan ke rumah sakit.
Setelah itu, daftarkan juga bayi yang berada dalam kandungan sebagai peserta BPJS dimana syarat yang diperlukan untuk mendaftarkan bayi adalah KTP orang tua, KK, dan juga keterangan denyut jantung bayi hasil USG. Jika bayi sudah memiliki kartu BPJS, maka saat proses persalinan sudah berlangsung, perawatan pada bayipun ditanggung oleh BPJS. Akna tetapi, jika bayi anda tidak memiliki kartu BPJS, maka anda harus tetap menanggung biaya perawatan bayi selama berada di rumah sakit. untuk pendaftaran BPJS untuk bayi, anda dapat mendaftarkannya saat usia kandungan berumur 6-7 bulan.

Baca selanjutnya : Dokumen Penting Saat Hendak Berobat Menggunakan BPJS

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -