Posted by : Sulaeman #18 Rabu, 20 Januari 2016

Membuat suatu bisnis pada saat ini menjadi banyak pilihan orang-orang di luar sana, ditengah susahnya dalam mencari pekerjaan dan saingan kerja yang semakin ketat. Kalaupun ada perusahaan yang menerima dalam bekerja biasa persyaratan yang diajukan juga sulit untuk dipenuhi, atau minimal harus berpendidikan yang tinggi. Itu semua tentunya membuat angka penganguran yang semakin bertambah, sehingga alternatif dalam berbisnis yang tidak perlu adanya persyaratan khusus menjadi banyak pilihan yang cukup mudah untuk dilaksanakan. Diantara banyak bisnis yang menjanjikan, banyak yang memilih dengan menggeluti suatu bisnis usaha kecil dan menengah (UKM).


Apalagi UKM merupakan salah satu penggerak perekonomian di negara kita. Bahkan usaha ini menjadi suatu bisnis yang banyak merekrut banyak tenaga kerja potensial dan menyumbang setengah lebih dari produk domestik bruto (PDB) di Indonesia. Sehingga tidak salahnya jenis bisnis dalam UKM ini akan terus berkembang dan memberikan peluang usaha bagi banyak tenaga potensial. Namun sebelum anda memasuki bisnis dalam UKM ini anda harus siap pula akan segala tantangan yang akan dihadapi, mulai dari modal, keahlian, pengetahuan tentang bisnis, jaringan, dan sebagainya. Semuanya harus anda ketahuai sehingga anda mengerti apa yang menjadi keunggulan dan juga kekurangan anda dalam berbisnis.

Dan diantara jenis-jenis UKM yang dapat anda lakukan sebagai awal anda dalam berbisnis berikut ini kami berikan beberapa referensi UKM yang dapat anda coba:

Bisnis dalam bidang pendidikan.
Perkembangan dunia pendidikan yang semakin maju dengan banyak berdirinya universitas dan sekolah lainnya, merupakan suatu hal yang amat baik untuk bangsa ini. Selain itu juga anda dapat melakukan berbagai kontribusi dalam mengembangkan kemajuan pendidikan ini misalnya dengan membuat tempat-tempat kursus atau lembaga pendidikan yang sekarang ini seolah-olah menjadi tempat yang paling dibutuhkan selain sekolah untuk mendapatkan keterampilan dan pengetahuan. Atau bentuk lainnya seperti membuat alat-alat penunjang dalam bidang pendidikan, mulai dari bukuu-buku sumber, alat-alat peraga, dan sebagainya yang semua itu tentunya dapat menjadi lahan bisnis bagi anda.

Bisnis dalam bidang otomotif atau kendaraan.
Tidak jauh berbeda dengan pendidikan, bidang otomotif atau kendaraan di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan. Ini dapat dilihat dari banyaknya setiap orang yang memiliki kendaraan, atau dapat kita lihat di setiap rumah minimalnya pasti ada satu buah kendaraan. Oleh karena itu hal ini dapat menjadi suatu peluang bisnis bagi anda dalam berbisnis. Anda dapat membuat beberapa jenis usaha dari sini, mislanya membuat jasa bengkel atau spare part, membuat jasa tambal ban, cuci motor/mobil, atau anda dapat menjual berbagai perlengkapan dalam kendaraan, dan banyak lagi. Itu semua tentunya dapat menjadikan bisnis yang menguntungkan yang dapat anda coba.

Bisnis dalam bidang agrobisnis.
Bidang agrobisnis merupakan salah satu bidang yang tidak akn pernah berhenti selama manusia masih ada di dunia. Karena untuk hidup manusia membutuhkan yang namanya makanan. Segi makanan tersebut dapat ditemukan dari berbagai tanaman yang ditanam seperti bahan-bahan pangan baik itu yang bersumber dari hewani maupun nabati. Sehingga bagi anda yang mencpba dalam bisnis ini, maka prosfek kedepannya sangat menjanjikan. Apalagi jika anda mampu membuat agrobisnis yang kuat maka hasil dari UKM agrobisnis ini dapat diekspor ke luar negeri.

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -