Hampir setiap orang menyukai game karena dengan memainkan
suatu permainan, pikiran akan menjadi lebih ringan sehingga tidak heran jika
game juga dapat menjadi sarana untuk tujuan tertentu misalnya untuk edukasi.
Hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan game, proses edukasi menjadi lebih
menyenangkan. Salah satu game yang menyampaikan pesan edukasi mengenai
pentingnya dalam kesadaran menjaga pohon adalah Tree Hero yang dibuat oleh
mahasiswa IPB (Institut
Pertanian Bogor).
Game Tree Hero yang dibuat oleh tim Biarts Labs yang
terdiri atas Noer Dzaky Putra Widitama, Hana Hanifah serta Sigit Prabowo yang
merupakan mahasiswa Ilkom (Ilmu Komputer) Intitut
Pertanian Bogor berhasil
menyabet juara 3 pada Jogja Fame Session tingkat Nasional yang diselenggarakan
di JEC (Jogja Expo Center). Maraknya pembalakan serta penghijauan hutan yang
masih minim, membuat para mahasiswa tersebut membuat Tree Hero.
Himalkom (Himpunan mahasiswa Ilmu Komputer) dari UGM
mengadakan perlombaan tersebut dengan tema yang berhubungan mengenai Pemikiran
Masa Depan Alam, tentang Melestarikan Alam dan serta mengenai cara untuk Mendekatkan
diri Kepada Alam. Tree hero kemudian dibuat sebagai salah satu game edukasi
persuasif sehingga siapa saja yang memainkannya akan secara tidak langsung
dapat memperoleh inspirasi untuk menanam pohon walaupun jumlah pohon yang dapat
ditanamkan hanya 1.
Tree Hero yang merupakan game yang mengharuskan pemainnya
menjaga pohon dari serangannya tersebut menggunakan tokoh utama yang dimainkan
oleh pemain. Toko utama dari Tree Hero IPB (Institut Pertanian Bogor) tersebut adalah Agrimax. Tokoh
atau karakter tersebut akan menjadi karakter terakhir yang menjaga pohon di tanah
yang akan dieksekusi dan dijadikan sebagai pabrik. Karena Agrimax yang
merupakan penyelamat, sehingga menurut Sigit yang menjadi salah satu anggota
Tim biarts Labs, menamakan game ini sebagai Tree Hero. Game yang ternyata
merupakan game pertama yang dibuat oleh para mahasiswa yang awalnya memiliki
ketertarikan dan kegemaran di dalam bidang design, gambar, bermain game
tersebut berani untuk diikutsertakan dalam kompetisi tersebut mampu untuk
berkarya dan tidak disangka mampu meraih juara 3 dan membuktikan jika Departemen Ilmu Komputer IPB juga dapat berkarya.
0 comments :
Post a Comment