Posted by : rida Rabu, 17 Februari 2016


Hampir setiap orang menyukai game karena dengan memainkan suatu permainan, pikiran akan menjadi lebih ringan sehingga tidak heran jika game juga dapat menjadi sarana untuk tujuan tertentu misalnya untuk edukasi. Hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan game, proses edukasi menjadi lebih menyenangkan. Salah satu game yang menyampaikan pesan edukasi mengenai pentingnya dalam kesadaran menjaga pohon adalah Tree Hero yang dibuat oleh mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor).

Game Tree Hero yang dibuat oleh tim Biarts Labs yang terdiri atas Noer Dzaky Putra Widitama, Hana Hanifah serta Sigit Prabowo yang merupakan mahasiswa Ilkom (Ilmu Komputer) Intitut Pertanian Bogor berhasil menyabet juara 3 pada Jogja Fame Session tingkat Nasional yang diselenggarakan di JEC (Jogja Expo Center). Maraknya pembalakan serta penghijauan hutan yang masih minim, membuat para mahasiswa tersebut membuat Tree Hero.

Himalkom (Himpunan mahasiswa Ilmu Komputer) dari UGM mengadakan perlombaan tersebut dengan tema yang berhubungan mengenai Pemikiran Masa Depan Alam, tentang Melestarikan Alam dan serta mengenai cara untuk Mendekatkan diri Kepada Alam. Tree hero kemudian dibuat sebagai salah satu game edukasi persuasif sehingga siapa saja yang memainkannya akan secara tidak langsung dapat memperoleh inspirasi untuk menanam pohon walaupun jumlah pohon yang dapat ditanamkan hanya 1.


Tree Hero yang merupakan game yang mengharuskan pemainnya menjaga pohon dari serangannya tersebut menggunakan tokoh utama yang dimainkan oleh pemain. Toko utama dari Tree Hero IPB (Institut Pertanian Bogor) tersebut adalah Agrimax. Tokoh atau karakter tersebut akan menjadi karakter terakhir yang menjaga pohon di tanah yang akan dieksekusi dan dijadikan sebagai pabrik. Karena Agrimax yang merupakan penyelamat, sehingga menurut Sigit yang menjadi salah satu anggota Tim biarts Labs, menamakan game ini sebagai Tree Hero. Game yang ternyata merupakan game pertama yang dibuat oleh para mahasiswa yang awalnya memiliki ketertarikan dan kegemaran di dalam bidang design, gambar, bermain game tersebut berani untuk diikutsertakan dalam kompetisi tersebut mampu untuk berkarya dan tidak disangka mampu meraih juara 3 dan membuktikan jika Departemen Ilmu Komputer IPB juga dapat berkarya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -