News
Loading...

Cara Menjaga Gula Darah Agar Tetap Stabil


Bagi penderita diabetes walaupun makan dengan menu diet yang seimbang merupakan yang paling utama, ada makanan tertentu yang dapat membantu untuk menjaga gula darah normal orang dewasa tetap sehat.  Beberapa makanan seperti roti dapat diubah hampir secara langsung menjadi gula darah yang menyebabkan lonjakan dalam gula darah. Makanan lain seperti nasi merah dicerna lebih lambat sehingga gula darah berubah secara perlahan-lahan. Beberapa jenis makana  yang dapat menjaga gula darah agar tetap stabil.

1. Gandum
Walaupun gandum termasuk karbohidrat, gandum juga termasuk golongan karbohidrat baik karena mengandung serat larut yang tinggi, lambat di cerna dan tidak menyebabkan kadar gula darah naik dengan cepat. Gandum juga memberikan sumber energi yang lebih stabil untuk dapat membantu mengurangi berat badan. Serat yang mudah larut dalam gandum menjaga untuk tetap kenyang lebih lama.

2.  Sayuran
Konsumsi sayur-sayuran seperti brokoli, bayam dan kacang hijau yang memiliki serat yang tinggi dan rendah karbohidrat sehingga sangat ideal bagi penderita penyakit diabetes. Beberapa riset telah menemukan bahwa pola makan vegetarian rendah lemak dapay membantu penderita diabetes untuk  menurunkan gula darah yang tinggi di dalam tubuhnya.

3. Daging Tanpa Lemak
Daging yang tinggi protein tidak mempengaruhi banyak terhadao gula darah. Ketika dikonsumsi dengan porsi yang tepat ikan, dada ayam tanpa kulit dan daging tanpa lemak adalah pilihan yang baik untuk mencegah maupun mengobati penyakit diabetes.

4. Minuman Berkarbonasi
Apabila anda menghindari minuman yang berkadar gula tinggi untuk menjaga gula darah normal orang dewasa anda dapat mencoba minuman berkarbonasi bebas gula. Banyak jenis minuman yang tidak mengandung karbohidrat atau kalori. Akan tetapi anda dapat tetap menikmati minuman manis seperti teh atau kopi dengan menggunakan tropicana. Produk tropicana ini adalah produk gula rendah kalori yang sangat baik untuk dikonsumsi.

5. Buah Strawberry

Penderita penyakit diabetes dapat mengkonsumsi buah strawberry, meskipun buah strawberry ini memiliki rasa manis akan tetapi strawberry jauh lebih baik daripada biskuit dan permen. Strawberry ini mempunyai tingkat kalori yang rendah dengan kandungan serat dan air yag tinggi sehingga dapat meninggalkan rasa kenang yang lebih lama.

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment