News
Loading...

Tips menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat

Tips menurunkan tekanan darah tinggi -  untuk mengetahui seseorang mengalami tekanan darah tinggi atau tidak dapat dilakukan dengan memeriksakan tekanan darah pada waktu tersebut. Ada dua jenis dalam pengukuran tekanan darah yaitu sistolik dan diastolik. Tekanan darah normal berkisar antara 90-120 untuk sistolik dan 60-80 untuk diastolik. Apabila seseorang memiliki tekanan darah diatas angka tersebut, maka seseorang tersebut mengalami tekanan darah tinggi.



Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kenaikan tekanan darah pada pembuluh darah dalam jangka waktu yang cukup lama. Kenaikan tekanan darah tersebut dapat juga diakibatkan oleh pembuluh darah yang mengalami penyempitan sehingga menimbulalkan timbunan lemak jenuh dan juga zat – zat lainnya. Penyakit tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan penyakit – penyakit kronis lainnya apabila tidak segera ditangani dengan tepat. Penyebab dari penyakit tekanan darah tinggi antara lain :

    Gen atau keturunan
    Usia dan jenis kelamin
    Perasaan stres
    Kurang olahraga
    Obesitas
    Dll.

Beberapa tips menurunkan tekanan darah tinggi yaitu :

Konsumsi makanan yang mengandung potasium
Kandungan zat potasium biasanya terdapat pada buah dan seperti alpukat, melonm labu siam, paru, bligo, mentimun, seledri, bawang putih, dan labu parang. Kandungan potasium mampu menurunkan tekanandarah tinggi. Jadi sangat disarankan untuk mengkonsumsi jenis bahan makanan yang kaya akan kandungan potasiumnya.

Konsumsi makanan yang mengandung omega 3

Makanan yang mengandung omega 3 dipercaya dapat meurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Biasanya kandungan omega 3 terkandung pada telur, ikan salmon, ikan makarel dan juga ikan tuna.

Konsumsi buah yang mengandung tinggi serat
Buah jeruk, apel dan pisang yang telah direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari bagi penderita tekanan darah tinggi. Anda dapat menyajikan buah – buahan tersebut sebagai jus dengan menggunakan gula rendah kalori tropicana. Atau anda juga dapar menjadikannya sebagai smoothies dengan menggunakan susu rendah lemak.

Lakukan diet tekanan darah tinggi
Diet tekanan darah tinggi adalah mengkonsumsi makanan yang dioalah tanpa menggunakan garam sedikitpun. Hal ini dilakukan untuk menstabilkan tekanan darah yang tinggi, pasalnya garam disebut – sebut dapat memicu tekanan darah meningkat apabila dikonsumsi secara berlebih. Oleh sebab itu diet rendah garam dapat dilakukan sebagai tips menurunkan tekanan darah tinggi.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment