Posted by : Windi Ariska Sabtu, 22 Oktober 2016



Ada beragam sumber protein yang bisa kita peroleh dari hewan maupun tumbuhan. Nah, salah satunya adalah ayam. Ayam merupakan salah satu sumbernya protein yang digemari oleh sebagian besar orang di dunia ini. Selain rasanya enak, ayam pun harganya relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan daging. Dari ayam bisa kita konsumsi dengan beragam variasi, dari sayuran, olahan daging, dan lainnya. Tidak hanya digoreng saja, melainkan juga direbus maupun dipanggang. Apalagi kita tinggal di Indonesia, tentunya ada beragam pilihan resep masakan Indonesia yang terbuat dari bahan utamanya ayam. Jika bosan dengan ayam yang hanya digoreng saja, kita bisa mencoba menu masakan ayam yang dibuat lain, salah satunya yaitu ayam bumbu rujak pedas.

Jika membicarakan masalah rujak, pastinya kita mengindentikkannya dengan rujak buah. Namun tidak hanya melulu berhubungan dengan buah saja, melainkan bumbu rujak dapat digunakan untuk berbagai variasi makanan, seperti salah satunya ayam bumbu rujak pedas itu sendiri. Resep ayam bumbu rujak pedas ini khas dari masakan Jawa Timuran. Bagi orang yang suka dengan pedas, tentunya harus mencoba resep masakan yang satu ini. Yuk, cari tahu apa saja bahan-bahannya antara lain yaitu ayam 1 ekor potong 10-14 bagian, 2 buah cabe merah besar, 5 cabe merah keriting, 400ml, asam jawa, 4 buah bawang putih, 2 lembar daun jeruk, 1 sdt garam, 2 batang serai, 4 buah bawang merah, jahe, 3 buah kemiri, daun salam, gula merah secukupnya, dan minyak goreng secukupnya.

Cara membuat resep masakan Indonesia ayam bumbu rujak pedas yaitu lumuri ayam dengan campuran asam jawa dan garam, haluskan cabe merah dan keriting, bawang putih, bawang merah, jahe, dan kemiri. Siapkan penggorengan dan masukkan minyak goreng untuk menumis. Masukkan bumbu dan tumis. Tambahkan daun salam dan daun jeruk, masak sampai harum. Masukkan santan dan potongan ayam. Jangan lupa masukan produk dari NICI agar masakan lebih sedap. Aduk pelan-pelan dan jangan sampai pecah santannya. Masukkan garam dan gula merah. Masak sampai ayam empuk dan merasuk bumbunya.

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -