Posted by : Windi Ariska Rabu, 02 November 2016


Anak terlambat bicara sebenarnya memiliki kecerdasan emosional yang kurang baik sehingga dalam perkembangannya tidak seperti anak yang lainnya. Keterlambatan bicara pada anak dapat disebabkan karena berbagai faktor lain diantaranya:

  • 1. Kurangnya berkomunikasi
Interakasi dan komunikasi antara orang tua dan anak dapat merangsang otak anak untuk memperluas kosa kata pada merreka. Sayangnya, beberapa orang tua tidak menyadarai hal itu karena sebenarnya komunikasi yang mereka lakukan aakn berbepngaruh besar terhadap perkembangan anak untuk berbicara.
  • 2. Adanya Faktor keturunan
Anak terlambat bicara dapat juga karena adanya faktor keturunan. Meski belum ada penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenarnya lebih real, tetapi biasanya anak-anak yang terlambat bicara ternyata memiliki riwayat keluarga, baik itu ayah, ibu atau kakek yang juga memiliki gangguan yang persis.
  • 3. Terjadi Hambatan pada perkembangan otak
Gangguan pada oral motor yang terjadi di otak akan mengakibatkan inefisiensi hubungan di otak, yang beperan sangat penting untuk menciptakan suara sehingga kondisi ini dapat menyebabkan kesulitan bagi anak untuk menggunakan bibir, lidah dan rahang untuk memproduksi berbicara.
  • 4. Memiliki Masalah pendengaran
Jika anak yang mengalami kesulitan dalam pendengaran, secara otomatis anak akan kesulitan dalam meniru, memahami, dan juga dalam penggunaan bahasa serta kosa kata yang jelas. Masalah pendengaran ini pada anak-anak biasanya disebabkan karena infeksi pada saluran telinga.
  • 5. Faktor Dari Televisi
Anak-anak yang sering menonton TV akan mengalami pendengaran yang pasif, anak hanya akan menerima tanpa harus mencerna dan memproses informasi yang masuk melalui TV. Selain itu juga menonton TV akann berefek buruk pada anak, karena anak akan meniru apa yang telah di tayangkan di TV, misalnya sesuatu konten yang berkelahi, kekerasan, seksual dan banyak lagi.


Hal ini sebenarnya dapat di atasi bagi anak terlambat bicara, peran orang tua sangat penting untuk terus menjadikan anaknya dapat berbicara seperti hal nya anak yang normal. Berikan anak-anak untuk berinteraksi dan juga beramin dengan rekan mereka. Kegiatan ini dapat mempercepat anak bicara. Salah satu yang harus dipenuhi adalah suplemen dengan memberikannya susu. Susu yang terbaik bagi anak anda adalah susu dari dancow.

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -