Posted by : Windi Ariska Rabu, 23 November 2016

Jika berurusan dengan seafood yang terbayang bau amis apalagi dengan cumi-cumi. Jenis seafood ini selain bau amis juga alot jika di masak. Namun bila bunda terus membeli dari restoran, habis sudah budget belanja 1 bulan. Seperti kita ketahui seafood merupakan makanan terbaik untuk mendukung perkembangan otak anak. Oleh karena itu pemberian seafood, seperti cumi-cumi sangat cocok diberikan pada anak. Untuk mendukung hal tersebut bunda harus menemukan tips memasak cumi agar tidak alot.
Tips memasak cumi yang paling utama yaitu proses pembersihan. Proses ini sangat menentukan kualitas cumi yang akan dimasak. Bunda perlu tahu salah satu faktor penyebab cumi a lot adalah karena terlalu lama ketika dimasak. Hal ini disebabkan karena kandungan protein yang sangat banyak. Jadi rahasia utama dalam memasak cumi adalah waktu dan cara memasaknya. 

Berikut adalah tips mengolah cumi agar tidak bau amis dan tidak alot.
  • Memilih cumi yang baik. Cumi yang baik adalah cumi yang memiliki ciri-ciri, mata cumi masih bersih, daging tidak kemerahan, tidak busuk, kulit ari tidak rusak, daging padat dan masih kenyal.
  • Proses pembersihan yang benar. Cara membersihkan cumi yang benar yaitu, bersihkan tinta yang ada pada cumi dengan hati-hati, jangan sampai berceceran atau meluber ke dagingnya. Kemudian, cabut tulang rawannya atau lebih mirip dengan plastic, bersihkan kulit arinya caranya yaitu dengan mengelupaskan kulit bagian luarnya, lalu bersihkan kotorannya, setelah itu cuci dalam air yang mengalir sampai bersih.
  • Lumuri menggunakan bahan-bahan penghilang bau amis. Perhatian jangan mendiamkan cumi yang sudah diberi bahan penghilang amis tersebut terlalu lama karena akan menghilangkan aroma cumi yang sebenarnya.
  • Masaklah cumi dengan waktu yang singkat sekitar 3 menit. Jika memang bunda mengolahnya sudah terlanjur lama, maka bunda bisa memasak terus cumi kira-kira sampai 30 menit agar daging cumi tersebut bisa kembali menjadi empuk.
  • Setelah merebus cumi, maka secepat mungkin harus memasukan daging cumi ke dalam air dingin. Cara ini bertujuan untuk membuat daging cumi tetap empuk dan tidak alot.
Jika bunda akan membuat sup sebaiknya memasak cumi secara terpisah dari bahan-bahan lainnya.
Itulah tips memasak cumi supaya tidak alot. Untuk menambah cita rasa cumi bunda dapat menambahkan bumbu-bumbu yang berasal dari Nestle Indofood Citarasa Indonesia (NICI), misalnya Magic Lezat, saos tiram Indofood, kecap piring Lombok, atau bumbu racik Indofood.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -