Posted by : rida Kamis, 16 Maret 2017

Faktor Penyebab Biang Keringat Pada Bayi Yang Perlu Diketahui Agar Dapat Dihindari

Miliaria atau yang lebih dikenal dengan biang keringat, sebagian besar dari kita sepertinya sudah tidak asing lagi dengan hal ini. Ya, biang keringat adalah salah satu masalah kulit yang bisa dialami oleh siapa saja dan yang lebih sering adalah bayi serta anak-anak. Kita tahu bahwa kondisi kulit bayi masih dalam masa perkembangan sehingga wajar saja apabila tidak sekuat kulit orang dewasa. Oleh sebab itulah, kulit bayi pun sangat rentan bermasalah seperti terjadinya biang keringat. Biang keringat pada bayi sebetulnya dapat dihindari. Langkah terbaiknya adalah ibu perlu untuk mengetahui apa saja hal yang menjadi faktor penyebab biang keringat pada si kecil. Dengan begitu, langkah perawatan yang terbaik pastinya bisa ibu terapkan untuk menghindarkan bayi dari biang keringat. Nah, berikut ini beberapa hal yang jadi faktor penyebab biang keringat pada bayi bisa terjadi :
  1. Saluran kelenjar keringat bayi masih dalam masa perkembangan dan belum matang. Oleh karena itu kulitnya juga semakin rentang berkeringat banyak. Semakin banyak keringat yang keluar di kulitnya dan dalam waktu yang lama tidak segera dikeringkan, maka semakin besar juga resiko bayi mengalami biang keringat.
  2. Cuaca yang panas menjadi faktor selanjutnya bayi dapat mengalami biang keringat. Cuaca panas identik membuat tubuh berkeringat, maka saat si kecil berkeringat tentunya juga resiko ia mengalami biang keringat pun ada. Solusi terbaiknya adalah ibu perlu untuk membantu si kecil mengkondisikan suhu tubuhnya tetap sejuk. Berikan cukup minum, pakaian yang nyaman dan dapat menyerap keringat, hingga bawa si kecil ke ruangan yang lebih sejuk.
  3. Aktivitas yang terlalu banyak. Semakin bertambah usia bayi, aktivitas yang bisa dikerjakannya pun memang semakin banyak. Contohnya saja aktivitasnya untuk berlajar merangkak. Banyaknya aktivitas ini bisa memicu keringat muncul berlebih yang menjadikan biang keringat pada bayi beresiko terjadi. Solusinya adalah ibu perlu mengatur banyaknya aktivitas yang dilakukan si kecil setiap harinya.
  4. Demam juga bisa jadi penyebab bayi mengalami biang keringat. Saat bayi mengalami demam serta terus-terusan ada di tempat tidurnya bisa memperbesar resiko mengalami ruam maupun biang keringat. Oleh sebab itulah saat bayi demam, tubuhnya perlu dilap menggunakan handuk dengan air hangat supaya pori-pori kulitnya terbuka serta tidak tersumbat oleh keringat. 
  5. Pemilihan dan penggunaan bedak bayi yang salah adalah faktor penyebab berikutnya bayi bisa mengalami biang keringat. Cara penggunaan yang salah seperti saat kulit bayi belum kering betul dari keringat ataupun saat setelah mandi, kemudian langsung diberikan bedak. Ini akan membuat pori-pori kulit tersumbat dan bisa menyebabkan biang keringat. Selain itu, pemilihan bedak yang kurang tepat juga bisa beresiko. Pilihlah bedak yang memang khusus untuk bayi dan pilihlah yang punya kandungan zinc seperti Zwitsal Baby Powder Extra Care with Zinc yang dapat membantu menghindari bahkan juga mengatasi biang keringat pada si kecil.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -