News
Loading...

Lima Hal Ini Wajib Anda Cermati Dalam Memilih Asuransi

Dalam hidup, bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kecelakaan, musibah, kematian. Salah satu langkah memproteksi diri, keluarga, dan harta adalah dengan memiliki Asuransi. Namun jangan buru-buru, pastikan Anda telah memperhatikan lima hal berikut sebelum memilih asuransi.

Lihat track record perusahaan asuransi tersebut.
Sebuah insurance company yang baik memiliki kredibilitas yang baik pula. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kondisi rasio Risk Based Capital (RBC) dan rasio likuiditasnya. Semakin baik RBC tentu semakin bonafid pula perusahaan tersebut. Hal lain adalah Pastikan perusahaan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia. Bagus pula jika perusahaan tersebut memiliki kerja sama dengan bank swasta atau BUMN melalui produk bancassurance, atau produk asuransi yang dikeluarkan oleh bank itu sendiri. Salah satu bank dengan insurance products yang beragam adalah Bank Danamon, Tbk.

Teliti dan tidak terburu-buru
Ada banyak sekali jenis dan manfaat produk. Jangan buru-buru menentukan satu produk asuransi untuk Anda dan keluarga. Take your time, bandingkan dengan hati-hati dan rinci. Jangan malu atau malas bertanya hingga hal-hal detail pada agen yang menawarkan insurance products pada Anda. Pastikan jenis produk yang Anda ambil adalah yang paling Anda butuhkan dan paling cocok. Memilih asuransi adalah keputusan untuk jangka panjang.

Baca baik-baik rincian polis dan syarat yang berlaku sekali lagi jika perlu bertanyalah secara rinci. Pahami bahwa asuransi bukanlah seratus persen investasi, tapi lebih pada proteksi. Sehingga jika Anda tidak bisa mengharapkan uang Anda kembali dengan berlipat ganda, kecuali jika ada klaim. Walaupun, ada juga produk yang memadukan antara proteksi dan investasi seperti rangkaian produk Proteksi Prima dari Bank Danamon.

Pastikan preminya sesuai dengan kemampuan Anda. Hal ini cukup penting, mengingat premi akan menjadi kewajiban Anda dalam jangka waktu yang cukup panjang. Jangan sampai di tengah jalan Anda kerepotan membayar premi, menunggak, dan polis terpaksa dibekukan atau dibatalkan. Sayang kan, uang Anda hangus begitu saja. Bandingkan nilai premi dan manfaatnya, juga bandingkan besaran premi dengan penghasilan Anda. Salah satu produk dari Bank Danamon dengan premi ringan dan manfaat maksimal adalah Primajaga Umum dan Primajaga 100.

Jangan sampai tidak bisa mencairkan klaim. Sebelumnya, Anda bisa mempelajari riwayat pencairan klaim di perusahaan tersebut dari agen resminya. Atau dari situs di internet. Jika perusahaan pernah mencairkan klaim yang besar, itu lebih baik. Baca dan pelajari kembali dengan teliti syarat dan ketentuan untuk bisa mencairkan klaim asuransi Anda.

Salah satu penyedia asuransi yang mumpuni adalah Bank Danamon, Tbk. Dengan beragam produk seperti Prima Amanah (asuransi berbasis syariah), Asuransi Demam Berdarah, varian produk Primajaga, dan rangkaian produk Proteksi Prima, Anda dapat memilih produk asuransi sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, dan tentu saja manfaat yang Anda inginkan. Jadi, tidak perlu bingung lagi, bukan?
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment