News
Loading...

4 Cara Jitu untuk Anak Cerdas Sejak Dini

anak cerdas

Semua orangtua pasti menginginkan buah hatinya menjadi anak cerdas. Kecerdasan seorang anak merupakan suatu yang sangat penting. Kecerdasan juga bisa melambangkan taraf keberhasilan seorang anak dalam menuntut ilmu. Namun banyak dari kita yang bingung bagaimana meningkatkan kecerdasan seorang anak.

Banyak sekali pilihan yang menyatakan cara tentang peningkatan kecerdasan anak. Namun hal tersebut sebenarnya bisa dilakukan ketika usia anak masih bayi. Untuk artikel ini akan membahas cara yang sudah teruji sukses untuk hal tersebut.

Setidaknya ada empat cara jitu yang sudah terbukti keberhasilannya dalam meningkatkan kecerdasan anak. Adapun langkah yang harus anda lakukan yaitu:


  1. Mengajak belajar berbicara
    Hal ini harus anda lakukan dengan mengajak bayi atau balita untuk banyak bicara. Mengajak bicara di sini bukan sekedar mengajari cara memuji melainkan mengajari bicara dengan segala di sekitar kita. Perlu diketahui, meskipun bayi belum bisa merespon pembicaraan anda dengan kata-kata, namun mereka sudah bisa merespon denhan ekspresi. Respon tersebut merupaka bentuk awal penangkapan daya komunikasi bayi. Lakukan juga dengan mengajak bayi berbicara cerdas dengan memanggil namanya, memberitahu sesuatu, menanyakan hal sesuai logika serta menggunakan kalimat lengkap.
  2. Selalu temani waktu bermain anak
    Masih orang tua yang terlibat ketika anak bermain dapat mengajarkan cara bermain yang tepat dan baik. Bentuk dari cara menemani anak ini bisa membantu mempercepat proses belajar anak, membantu perkembangan potensi sosialnya, mampu mengenali kemampuan atau bakat, minat, hingga kebutuhan emosionalnya.
  3. Membacakan cerita terhadap balita
    Perlu diketahui jika memberikan sebuah cerita tidak perlu menunggu anak bisa berbicara. Dengan membacakan sebuah cerita, hal ini dapat menumbuhkan efek suka anak pada buku, dapat meningkatkan kemampuan kosakata serta membantu mengembangkan keterampilan berbahasa. Pilihlah buku cerita yang sederhana dan pendek saja.
  4. Ajak anak bernyanyi atau menyanyikan lagu
    Nyanyikan sebuah lagu yang memiliki nada unik untuk membuat respon anak terhadap lagu tersebut. Dengan lagu itu ingatan dan relaksasi bayi akan berkembang dengan baik

Demikian ulasan tentang cara membuat anak cerdas sejak dini dengan hasil yang baik. Berbicara, bermain, bernyanyi, dan bercerita merupakan langkah yang tepat untuk anda lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment