Posted by : rida Rabu, 12 Agustus 2015

Tiga Tips Selektif Dalam Memilih Mainan Anak - Sebagai orang tua tentunya kita ingin yang terbaik bagi anak-anak kita, oleh karena itu banyak hal dilakukan agar si buah hati senang dan ceria. Kasih sayang orang tua memang tak terbatas, dari mulai masa kehamilan sampai anak lahir semuanya disediakan. Baik itu peralatan mandi, pakaian, serta mainan anak sudah dipersiapkan jauh sebelum sang buah hati lahir. Namun sebagai orang tua yang baik, hendaknya kita juga memperhatikan pendidikan anak sejak dini. Pendidikan tersebut bukan hanya proses mengenal hurup dan angka, namun pendidikan anak yang mesti dikembangkan sejak dini adalah pendidikan mental, sikap, serta keterampilan hidup lainnya.

Tiga Tips Selektif Dalam Memilih Mainan Anak

Tidak sembarang dalam memilih mainan anak adalah salah satu sikap kita untuk peduli terhadap psikologis, kesehatan, serta daya pikir anak. Mainan merupakan sebuah barang yang dapat membuat anak ceria, dan anak yang berumur kurang dari 10 tahun lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain dengan mainannya tersebut. Oleh karena itulah, sebagai orang tua kita mesti selektif dalam memilih mainan untuk mereka. Berikut adalah tips memilih mainan anak yang baik dan mendidik yaitu :

1.    Pilih mainan untuk melatih ingatan anak
Sekarang ini banyak sekali kreasi dari pembuat mainan untuk melatih daya pikir anak seperti mainan menyusun huruf dan angka. Mainan ini selain dibentuk dengan angka dan huruf, juga diwarnai dengan warna yang cerah masing-masing angka dan hurufnya sehingga memudahkan anak  untuk menghafal huruf dan angka. Begitu juga dengan mainan yang berbunyi seperti suara hewan, nyanyian, dan lainnya.
2.    Pilih mainan yang dapat mengembangkan imaginasi anak
Kenalkan anak pada hal-hal yang nyata. Pilihlah mainan yang dapat membuat ia berimaginasi seperti mainan menyusun gambar, menebak angka, serta mewarnai. Permainan ini mudah ditemukan dan harganya pun tidak mahal.
3.    Pilih mainan yang aman bagi kesehatan anak
Banyak mainan yang terbuat dari bahan yang berbahaya ataupun yang dapat membuat anak celaka. Karena itulah kita mesti pintar memilihnya dengan cara melihat bahan yang digunakannya serta menanyakannya pada penjual mainan tersebut.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -