Posted by : Windi Ariska Jumat, 15 Juli 2016

Anak yang masih usia batita atau bayi memang sudah diberikan asupan makanan melalui ASI ( air susu Ibu), akan tetapi saat bayi usia 6 bulan tentu anda perlu memberikan makanan pendamping ASI hingga bayi berumur 2 tahun saat selesai diberikan ASI ekslusif. Makanan pendamping ASI tak melulu harus anda berikan dalam bentuk bubur, namun dapat berupa makanan lain seperti sayur dan daging serta ikan yang ditim bersamaan dengan nasi. Cara tersebut merupakan salah satu cara mengatasi anak susah makan agar bayi mau makan, sehingga asupan gizi seimbang dapat terpenuhi dan tercukupi dengan baik.


 Membujuk bayi yang belum terlalu mengerti apa maksud perkataan yang disampaikan oleh orangtuanya memang tidak terlalu mudah, sehingga diperlukan trik khusus untuk melakukannya. Trik tersebut dapat kami paparkan melalui 4 penjelasan trik di bawah ini :

1. Biasakan untuk bayi makan sambil duduk di kursi bayi yang bisa anda sediakan, setelah itu berikan mainan bayi yang unik dengan memiliki bunyi yang disukai oleh bayi seperti bunyi suara binatang atau mainan berbunyi lainnya. saat bayi asik memainkan mainan tersebut dan ketika Ia lengah, anda bisa langsung menyuapinya sedikit demi sedikit.

2. Trik kedua anda dapat mencari cara untuk menarik perhatian anak atau bayi untuk dapat melihat ke atas, anda dapat menggunakan benda menarik untuk menarik perhatiannya. Biasanya saat bayi melihat ke atas, mulutnya akan mudah terbuka, sehingga anda dapat memasukan sendok kecil berisi makanan agar dapat dimakan oleh bayi.

3. Trik ketiga sebagai cara mengatasi anak susah makan dapat anda lakukan melalui menampilkan tayangan atau video yang disukai oleh anak-anak seperti tayangan film kartun, video klip lagu anak-anak dan tayangan untuk bayi lainnya. jika bayi menyukai tayangan tersebut, maka Ia akan menikmatinya dan sangat mudah untuk membuka mulut dan mudah juga untuk membujuknya makan.

4. Trik terakhir adalah makan bersama, seorang anak biasanya akan tergugah nafsu makannya saat melihat orang disekitarnay memakan sesuatu, maka dari itu sebaiknya anda makan sambil menyuapi bayi atau biarkan kakak serta ayahnya makan didepan anak anda agar mereka mudah makan.
Setelah mengetahui trik sebagai cara mengatasi anak susah makan, anda tentu akan lebih kreatif lagi dalam melakukan pemberian makanan ataupun menyuapi bayi yang susah makan. selain cara tersebut, ada hal yang tidak boleh anda lupakan yaitu tetaplah mengajari anak untuk bisa mandiri saat makan dengan cara mengajarinya untuk bisa memegang sendok dengan baik dan mengambil makanan hingga memakannya sampai habis.

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -