News
Loading...

Indonesian ‘Green Campus’ University, Best University in Indonesia


Lingkungan kampus kebanyakan di pikiran hanya kita hanya ada pembangunan-pembangunan yang dimarakkan semata-mata untuk perkembangan kampus, tanpa mempertimbangkan daerah hijau yang tersisa serta yang hilang. Demi kemajuan kampus daerah hijau semakin tersamarkan dari universitas universitas yang ada sekarang ini. Namun tidak dengan kondisi Universitas Indonesia (UI), yang memiliki 75% daerah hijau pada kampusnya. Universitas Indonesia (UI) memiliki obsesi untuk menciptakan lingkungan kampus yang memiliki daerah hijau yang sangat luas atau green campus. Inilah Best University in Indonesia yang masih mempedulikan daerah hijau bahkan merelakan hampir75% wilayahnya menjadi wilayah hijau. Sebagai universitas terkemuka dengan perspektif internasional atau word class university, Universitas Indonesia (UI) mempunyai modal simbolik berupa pengetahuan-pengetahuan yang lebih dari cukup serta alokasi dana-dana dari pada investor-investor yang ada. Ekosisten di Universitas Indonesia (UI) ini terlihat asri dan nyata sebagai wujud kepedulian mereka terhadap lingkungan hidup yang semakin lama semakin miris ini. Gerakan green campus oleh Universitas Indonesia (UI) ini mendapat perhatian dari banyak kalangan terutama para pemerhati lingkungan dan sivitas akademika Universitas Indonesia (UI).

Melalui program-program yang disusun oleh Universitas Indonesia (UI) terus membantu seluruh pihak di Universitas Indonesia (UI) ini untuk turut memelihara dan menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan hijau. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan universitas ini dalam mencapai fungsi kampus sebagai pusat kegiatan yang turut mengupayakan pelestarian fungsi lingkungan hidup, untuk kampus yang bersih dan hijau. Program-program dari masing-masing fakultas juga turut menyukseskan kegiatan untuk terciptanya Universitas Indonesia (UI) sebagai green campus. Sangat luar biasa untuk Universitas Indonesia (UI) ini, menjadikan bangunan fisik gedung oenyangga seluas 170 ha merupakan daerah hijau, ekosistem perairan seluas 30ha, kawasan hutan kota seluas 100ha, dan sarana pra sarana penunjang 12 ha. Banyak pula resapan air di sekitar kampus Universitas Indonesia (UI) itu. Best University in Indonesia ini memiliki ekosistem nyata berupa danau-danau serta hewan-hewan unik. 

Sebuah impian bukan masuk universitas se-anggun Universitas Indonesia (UI) ini? Lingkungan belajar yang membuat oara mahasiswa berbetah disini untuk menyelesaikan segala beban kuliah maupun me-santaikan sejenak diri dari kepenatan kuliah. Semoga Universitas Indonesia (UI) menjadi contoh bagi niversitas-universitas lain untuk mempedulikan lingkungan. Sebagai Best University in Indonesia Universitas Indonesia (UI) merupakan pilihan nyata yang tidak perlu diragukan.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment