Posted by : Windi Ariska Selasa, 22 November 2016


Saat dalam masa pertumbuhan, kecukupan harian gizi anak haruslah tercukupi agar tumbuh kembangnya berjalan secara optimal. Namun terkadang anak-anak sering pilih-pilih dalam hal makanan, mereka biasanya cenderung memilih makanan yang mereka suka saja. Parahnya lagi mereka sering memilih makanan yang tidak sehat seperti cemilan yang mengandung banyak MSG dari pada memilih makanan yang sehat seperti sayuran. Ya, sayuran merupakan makanan yang sering kali ditolak oleh anak karena mereka menganggap sayuran makanan yang tidak enak, padahal kandungan nutrisi pada sayuran sangat diperlukan oleh tubuh si kecil. Dengan melihat banyak sekali manfaat dari sayuran bagi anak-anak, sebisa mungkin anda tetap harus memberikannya walaupun mereka tidak suka. Jangan khawatir karena kami mempunyai beberapa cara mengatasi anak susah makan sayuran yang perlu anda coba.
  • Dimulai dari orang tua
Bagaimana anak mau makan sayuran, apabila orang tuanya juga tidak makan sayuran? Anak merupakan peniru yang baik, mereka selalu penasaran apa yang dilakukan oleh orang tuanya kemudian mencobanya. Nah agar anak mau makan sayuran, sebaiknya anda membiasakan makan sayuran di depan anak-anak saat makan bersama setiap harinya. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi anak susah makan sayuran, mereka akan lebih tertarik makan sayuran karena terbiasa melihat orang tuanya memakannya juga.

  • Kenalkan berbagai jenis sayuran sejak dini
Agar anak terbiasa dengan berbagai jenis sayuran, sebaiknya anda memperkenalkannya sejak dini. Anda bisa membeli buku bacaan ataupun film dengan tema sayuran, kemudian dampingi anak sambil memberikan berbagai informasi tentang sayur tersebut agar si kecil mudah paham. Atau anda juga bisa memperkenalkannya secara langsung dengan menggunakan sayuran aslinya agar anak lebih tertarik.

  • Tambahkan sayuran kedalam makanan favoritnya
Namun jika anak anda tetap tidak mau makan sayuran, sebaiknya anda juga tidak boleh memaksanya terlalu keras, tapi bukan berarti anda menyerah begitu saja. Ada cara lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan menambahkan jenis sayuran kedalam makanan favoritnya seperti nasi goreng, telur dadar dan lain sebagainya. Potonglah kecil-kecil sayuran tersebut agar anak tidak mudah menyadarinya.


Itulah beberapa tips mengatasi anak yang susah makan sayuran. Sayuran memang sangat penting jadi jangan menyerah apabila anak tetap tidak mau makan sayuran, namun point diatas mungkin dapat membantu anda dalam menyiasati anak yang susah makan sayuran. Semoga bermanfaat!

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Lintas Dunia Informasi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -