News
Loading...

Resep Ayam Bakar Spesial Tahun Baru

Resep Ayam Bakar Spesial Tahun Baru
Malam pergantian tahun merupakan moment special yang biasa dirayakan oleh segenap manusia di seluruh penjuru dunia. Tidak menutup kemungkinan pada tahun sekarang, dimana anda beserta keluarga, teman, ataupun saudara telah merencanakan untuk membuat acara pada malam pergantian tahun tersebut. Namun biasanya pada moment special tersebut, acara yang paling lumrah dilakukan adalah makan-makan sambil menunggu saat pergantian tahun. 

Dalam hal ini, memasak makanan menjadi sesuatu hal yang paling mengasyikan. Menu yang disajikan pun biasanya yang special namun tentunya akan lebih mengasyikan jika diolah sendiri. Ada menu masakan harian yang sebenarnya bisa dijadikan makanan special pada acara tersebut seperti ayam bakar. Menu tersebut sebenarnya biasa disajikan dalam menu sehari-hari, namun bagi anda yang belum pernah mencoba mengolahnya sendiri tentunya sulit untuk menyajikan menu ayam bakar dengan rasa yang enak dan lezat seperti buatan resto.

Nah bagi anda yang ingin mencoba membuat menu ayam bakar special untuk tahun baru dengan rasa resto, berikut adalah resep yang bisa anda coba yaitu :

Bahan yang mesti disiapkan

Hal yang pertama disipakan adalah satu ekor ayam segar, anda bisa memilih jenis ayam sesuai dengan selera. Kemudian potong ayam tersebut menjadi 4 atau 6 bagian. Setelah itu siapakan juga bawang merah 6 siung, 8 buah cabai keriting, 4 buah bawang putih, lengkuas dan kunyit masing-masing 1 ruas jari, setengah sendok ketumbar, 1 ruas jahe, 4 lembar daun salam, 2 sdm air asam jawa, kecap manis Indofood, jeruk nipis, gula dan garam secukupnya.

Cara pembuatannya

Untuk membuatnya yaitu cuci terlebih dahulu ayam yang sudah dipotong-potong, lalu angkat dan lumuri dengan perasan jeruk nipis tunggu sampai meresap. Kemudian haluskan bumbu dan lumuri ayam dengan bumbu serta diamkan sampai bumbu tersebut meresap. Panaskan panci dan masukkan air beserta daun salam. Rebuslah sampai ari menyusut dengan ditambahkan kecap kemudian ungkep sampai daging empuk. Setelah daging ayam empuk kemudian tiriskan dan siap untuk dibakar. Bakarlah dengan cara membolak-balikannya dengan dilumuri kecap dan bumbu dan ayam bakar special pun sudah siap untuk dihidangkan.

Itulah resep ayam bakar special untuk menunggu datangnya tahun baru. Anda bisa mempelajari resep menu masakan harian lainnya di citarasa Indonesia. Selamat mencoba.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment