News
Loading...

UI: Universitas Terbaik di Indonesia Masuk di Kancah Asia


UI: Universitas Terbaik di Indonesia Masuk di Kancah Asia
Pada tahun 2016 kemarin Kementrian Riset, Pendidikan dan Teknologi melansir beberapa universitas terbaik di Indonesia dan tiga terbaik adalah Univerista Indonesia, Universitas gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN PT menetapkan bahwa pada tahun 2016 Universitas Indonesia (UI) menempati posisi pertama sebagai universitas terbaik. Ada beberapa indikator dalam proses akreditasi. Penilaiannya dilihat dari berbagai aspek, seperti kearsipan, kinerja pengajar, program, sarana dan prasarana, prestasi, karya ilmiah, dll. 

Ranah pendidikan di Indonesia memang belum secemerlang Singapur. Universitas Indonesia (UI) harus berpuas hati menduduki posisi ke-67. Lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds (http://www.qs.com) hari Selasa (14/6/2016) merilis hasil survei peringkat universitas Asia 2016 dengan tajuk QS University Ranking: Asia 2016.

Universitas Indonesia merupakan universitas terbaik di Indonesia dengan posisi pertama. Meskipun harus ada di posisi ke-67 namun Universitas Indonesia sudah mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun lalu yang hanya mampu berada di posisi ke-79.

Pemeringkatan ini diukur dari beberapa aspek. Hasil riset Quacquarelli Symonds (http://www.qs.com) dengan menggunakan 9 indikator untuk menyusun peringkat 350 universitas Asia 2016, diantaranya: Akademis 30%, Karywan 10%, Rasio Fakultas atau Mahasiswa 20%, Penghargaan Hasil Riset 15%, Jumlah Hasil Riset per Fakultas 15%, Proporsi fakultas internasional (2,5%) dan mahasiswa internasional (2,5%), Proporsi pertukaran mahasiswa yang ke luar negeri (2,5%) dan jumlah pertukaran mahasiswa yang berasal dari luar negeri.

Dari hasil riset tersebut, didapatkan hasil 11 universitas terbaik di Indonesia dan Univeristas Indonesia yang menempati urutan pertama. Banyak sekali iswa SMA dan juga SMK yang ingin masuk ke perguruan tinggi Universitas Indonesia dikarenakan Universitas ini adalah universitas terbaik yang ada di Indonesia dengan sarana yang sangat lengkap. Sarana yang lengkap tersebut tentunya bisa membuat mahasiswa fokus untuk melakukan kegiatan belajar dan akan mudah mengerti.

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment