News
Loading...

Hal yang Mempengaruhi Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini

Hal yang Mempengaruhi Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini
Hal yang Mempengaruhi Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini

Perkembangan psikologi anak berarti mempelajari perubahan perkembangan struktur perilaku, jasmani, dan pembentukan fungsi mental. Perkembangan kepribadian pada masa anak-anak sangat menenetukan kepribadian di masa dewasa. Oleh sebab itu, penting sekali bagi orang tua untuk mengajarkan hal-hal positif dalam membentuk kepribadian sang buah hati. Khususnya bagi seorang ibu harus selalu memantau perkembangan psikologi anak. Jika ada beberapa faktor yang buruk untuk kepribadian anak, sebaiknya orang tua segera melarangnya dengan memberikan alasan yang logis sehingga anak tahu letak kesalahan dari hal tersebut yang tidak boleh untuk dilakukan.

Secara umum, perkembangan psikologi anak usia dini dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor eksternal dan faktor internal.

  1. Faktor eksternal adalah segala sesuatu dari luar yang dapat mempengaruhi perkembangan anak. Faktor eksternal yang baik juga akan mempengaruhi psikologi anak menjadi baik. Begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu, orang tua harus memantau perkembangan psikologi anak yang dipengaruhi faktor eksternal, seperti halnya teman bermain, pergaulan, pola didik orang tua. Pergaulan seorang anak dalam lingkungan sekitar akan berperan terhadap perkembangan dan potensi seorang anak. Oleh karena itu, orang tua harus selalu mendidik anak dengan penuh kasih sayang. Ajarkan rasa percaya diri agar mereka mudah dalam mengembangkan potensinya.
  2. Faktor internal adalah faktor dari dalam diri individu tersebut yang akan mempengaruhi perkembangannya, seperti harga diri, kecakapan, keinginan atau rasa mengenali diri sendiri. Ketika anak dapat mengenali kelebihan dalam dirinya, maka akan timbul rasa percaya diri yang tinggi. Dirinya akan mengembangkan potensi yang dimiliki dengan didukung adanya kemauan yang kuat.apalagi jika ditambah dengan kecakapan dalam bergaul, anak akan lebih mudah bersosialisasi dengan lingkungannya.

Untuk memnumbuhkan perkembangan psikologi anak usia dini menjadi lebih baik, peran orang tua sangat dibutuhkan. Khususnya dalam pemberian nutrisi untuk kesehatan fisik dan kecerdasan otak. Salah satunya dengan memberikan susu formula produksi Wyeth yang telah terbukti berkualitas untuk membantu tumbuh kembang anak. Kandungan gizi dari Wyeth sperti AA, DHA, Omega, dan zat besi berfungsi untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi otak.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment